Polresta Gandeng Stakeholder Jadikan Kelurahan Argapura Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba

Polresta Gandeng Stakeholder Jadikan Kelurahan Argapura Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba

08/09/23, September 08, 2023

 


Polresta Jayapura Kota,- Satuan Narkoba Polresta dibawah naungan Kapolresta Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si selenggarakan Rapat Koordinasi Pembentukan Kelurahan Argapura menjadi Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba bertempat di Kompleks Argapura Rap Distrik Jayapura Selatan, Jumat (8/9) sore.


Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H, Kasat Resnarkoba AKP Akhmad Alfian, S.I.K., M.H, Kapolsek Jayapura Selatan AKP Frets Lamahan, S.H, Perwakilan BNN Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Argapura serta warga Kelurahan Argapura.


Wakapolresta AKBP Deni membuka kegiatan dengan mengatakan, sekarang ini semua yang hadir bertujuan untuk menciptakan situasi waspada narkoba dan bebas dari narkoba. "Untuk itu kita duduk bersama disini nantinya akan bersepakat bersama secara simultan melalui rapat koordinasi pembentukan Kelurahan Argapura menjadi Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba bersama Polresta Jayapura Kota.


"Untuk adik-adik yang terlibat narkoba dan sudah sampai di kantor polisi, telah diambil langkah-langkah atau inovasi Bapak Kapolresta Jayapura Kota dengan menjadikan mereka Duta Kamtibmas. Kalau baru sekali, maka diberikan kesempatan kepada mereka untuk merubah diri menjadi lebih baik, kenapa tidak," ujar AKBP Deni.


Lebih lanjut kata Wakapolresta, Kasat Narkoba berkolaborasi bersama Kapolsek Jayapura Selatan yang telah didukung penuh oleh Kapolresta kini bertujuan untuk meniadakan segala penyakit masyarakat terutama narkoba di Kelurahan Argapura.


"Hampir rata-rata pengguna narkoba yang ditemukan masih usia produktif, mereka generasi emas bangsa, pengganti tokoh-tokoh di masa depan, mari bersama kita rangkul mereka, temukan permasalahan yang ada dan berikan solusinya," imbuh AKBP Deni.


"Bila ada anak-anak muda kita yang terlibat disini pernah melakukan tindak pidana maupun pelaku penyalahgunaan narkoba, mari bersama kita lakukan perubahan untuk masa depan yang lebih cemerlang," tambahnya


AKBP Deni juga berharap, semoga niat baik semua pihak saat ini selalu ada dalam genggaman tangan Tuhan agar dapat berjalan maksimal sesuai tujuan dari niatan kita semua untuk meniadakan narkoba, bersihkan lingkungan dari pengedar dan penggunanya menuju perubahan yang lebih baik.


Ditempat yang sama Ibu Emma Hamadi selaku Lurah Argapura mengutuk keras para pengedar termasuk warga PNG yang membawa barang haram itu ke lingkungannya. "Saya juga dulu pernah punya masa lalu yang gelap, maka saya tantang anak-anak muda disini, ayo lakukan perubahan, bersihkan narkoba, jauhi dan cegah peredarannya," tegas Perempuan asli Port Numbay tersebut.


Lanjut, dirinya juga mengajak semua yang hadir untuk berkolaborasi, bekerjasama untuk meniadakan narkoba di lingkungan Kelurahan Argapura. "Mari jika benar ingin bebaskan anak-anak generasi emas kita dari Narkoba, tangkap semua pengguna dan pengedar yang ada di Argapura, jangan kita jadikan ini pembiaran," tegas Ibu Lurah Argapura.


Dirinya ingin apa yang telah disampaikan, dan apa yang akan dilakukan nantinya dapat bermanfaat dan membawa dampak perubahan bagi Kelurahan Argapura, agar stigma narkoba atau ganja untuk Argapura bisa hilang dan lenyap.


"Saya harus bicara keras disini, karena saya seorang Mama, saya juga punya anak di rumah, dan ini wilayah tugas saya selaku Pemerintah. Saya mau tempat ini bersih dari ganja. Mari bersama hidup yang baik, tidak bisa dengar-dengaran, silahkan keluar dari lingkungan ini, saya bicara keras karena kalian warga saya, dan saya sayang sama kalian semua," kata Emma Hamadi.


Rangkaian kegiatan rapat koordinasi dilanjutkan dengan tanya jawab dan hasil dari pelaksanaan rapat koordinasi tersebut akan menjadi bahan pertimbangan Kapolresta Jayapura Kota untuk mengambil kebijakan dan selanjutnya dilaksanakan oleh tim kerja Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba Polresta Jayapura Kota.(*)


Penulis : Subhan

TerPopuler