Antisipasi Abrasi Susulan, Babinsa Rojopolo Bersama Warga Gotong Royong Bangun Tanggul Darurat

Antisipasi Abrasi Susulan, Babinsa Rojopolo Bersama Warga Gotong Royong Bangun Tanggul Darurat

25/06/22, Juni 25, 2022

 



Lumajang, Pendim 0821 - Upaya Babinsa dalam membantu pembangunan desa, merupakan salah satu wujud tugas pembinaan teritorial (Binter) sebagai mitra untuk selalu hadir di masyarakat.


Hal tersebut dikatakan oleh Babinsa Rojopolo Koramil 0821/12 Jatiroto Serka Wartono saat Kerja Bakti Pembuatan Tanggul Darurat dan Penimbunan Longsor, di  Sungai Dusun Persil RT 002 RW 007 Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (25/6/ 2022).


Menurut Wartono, upaya tersebut dilakukan, karena dikhawatirkan dampak dari abrasi di sungai Dusun Persil  akan bisa melebar ke jalan.


"Saat membuat tanggul darurat, kami memasang patok dan penimbunan dibibir sungai agar tidak melebar ke badan jalan, sehingga mengganggu kelancaran transportasi jalan di dusun Persil, karena selain akses warga jalan itu juga merupakan akses kendaraan truk tebu ke lahan perkebunan," kata dia.


Sementara itu, Kepala Desa Rojopolo Sukiyanti menerangkan, bahwa pembuatan tanggul darurat itu, dilakukan dengan pemasangan patok bambu dan penimbunan longsor sepanjang 5 meter, dan itu adalah langkah awal pemerintah desa melakukan upaya pencegahan, jika terjadi longsor susulan.


Sukiyanti juga menerangkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, yakni pihak PG Jatiroto dan pemerintah kecamatan guna menentukan kebijakan selanjutnya, dinama lahan tersebut merupakan wilayah hak guna usaha (HGU) PG Jatiroto. 


“Terima kasih kepada Babinsa Babinsa Rojopolo yang sudah membantu dan mendukung serta mensupport warga kami, dalam melaksanakan pembuatan tanggul darurat dan penimbunan longsor dapat berjalan lancar,"  terangnya. (Pendim 0821)

TerPopuler