TNI Manunggal Air,Kodim 0907/Trk Bantu Kebutuhan Air Bersih Warga Mamburungan.

TNI Manunggal Air,Kodim 0907/Trk Bantu Kebutuhan Air Bersih Warga Mamburungan.

06/07/22, Juli 06, 2022

  


Tarakan - Warga RT.07 Kelurahan Mamburungan menjadi sasaran kegiatan TNI AD manunggal air di wilayah Kodim 0907/Trk,Rabu(06/07/2022).


Sebanyak 20 kepala keluarga  akan menerima manfaat dari program TNI AD manunggal air ini.


Program TNI AD Manunggal Air tersebut bertujuan untuk memperluas akses air bersih bagi masyarakat di daerah RT.07,dimana penyediaan air bersih bukan hanya sebatas air mengalir, melainkan air tersebut harus bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.


Program pemenuhan air bersih ini diterapkan dengan menggunakan sistem pembuatan tanggul mini serta penyaluran secara gravitasi/nonlistrik efektif dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.


Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Reza Fajar Lesmana,S.I.P.,M.Si melalui Pasiter Dim 0907 Kapten Inf Fakih mengatakan, bahwa selama ini 20 KK yang tinggal di wilayah RT.07 dalam pemenuhan kebutuhan air untuk mandi, cuci dan masak menggunakan sumber mata air yang berjarak 200 Meter sampai 500 Kilometer dari wilayah tersebut.


"Mereka harus ke sumber air yang lumayan jauh dan  membuat saluran air melalui selang - selang kecil,dimana hasilnya  kurang efektif",ungkapnya.


Lebih lanjut ia menyampaikan,untuk memudahkan akses air bersih tersebut, dalam TNI AD Manunggal Air ini dilakukan pembuatan tanggul Mini pada sumber mata air  yang tidak pernah kering, serta pemasangan pipa menuju bak penampungan.


“untuk pekerjaannya dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat setempat dan Kita berharap, pekerjaan ini dapat selesai dengan cepat sehingga dapat segera mengalirkan air bersih ke rumah rumah warga",tutupnya.

TerPopuler