Kepedulian Babinsa Koramil Sekatak Dalam Pendampingan Petani Kakao Atau Coklat - Paskotanews

Paskotanews

Politik, Hukum,Kriminalitas, Opini, Tips, Kesehatan, Religi, Budaya Dan Peristiwa

Breaking

Post Top Ad

29/09/22

Kepedulian Babinsa Koramil Sekatak Dalam Pendampingan Petani Kakao Atau Coklat

 


Tanjung Selor, Dalam rangka mendorong prospek komoditi petani kakao atau coklat di wilayah binaan, Babinsa Koramil 0903-05/Sekatak Serda M Ma'sum melaksakan monitoring dan pendapingan petani coklat bertempat di Desa Sekatak Bengara, Kec Sekatak, Kamis (29/9/2022).


Serda Muhammad Ma'sum dalam pendampingannya ini berkesempatan berbagi ilmu tentang budidaya kakao agar dapat berbuah lebat dengan memahami syarat tumbuh tanaman kakao yang dimulai dari penyiapan lahan, proses tanam, pemupukan dan juga perawatan seperti saat ini.


Pendampingan Babinsa kepada petani terus dilakukan sebagai upaya peran aktif aparat kewilayahan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan diwilayah serta  memberikan motivasi kepada para petani dalam meningkatkan perekonomian.


Dalam proses pemupukan, tanaman kakao harus dilakukan dengan benar dan sesuai dosis. Disini kami menyarankan untuk melakukan pemupukan kakao menggunakan pupuk organik, dengan tujuan agar pupuk yang diserap tanaman bisa memenuhi kebutuhan tanaman, namun tidak merusak keseimbangan ekosistem didalam tanah.


Selain pemupukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya dan cara merawat tanaman coklat agar berbuah lebat. Mulai dari penyiangan, pemangkasan, penyiraman hingga pengendalian hama dan penyakit. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangan tanaman bisa optimal, sehingga produksinya pun juga nantinya akan meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages