Saat Turun Hujan, Masyarakat Diminta Selalu Waspada Terjadi Bencana Alam - Paskotanews

Paskotanews

Politik, Hukum,Kriminalitas, Opini, Tips, Kesehatan, Religi, Budaya Dan Peristiwa

Breaking

Post Top Ad

11/09/22

Saat Turun Hujan, Masyarakat Diminta Selalu Waspada Terjadi Bencana Alam



Lumajang, Pendim 0821 - Babinsa Sumberwuluh Koramil 0821/09 Candipuro, Serda Nurhadi meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap terjadinya bencana alam yang mungkin terjadi, terutama saat turun hujan dengan intensitas tinggi.


Hal tersebut disampaikannya saat melaksanakan pembersihan material longsor yang berada di Kilometer 56 dan 57, Dusun Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (11/9/2022).


Nurhadi juga menyampaikan, bahwa keterlibatannya dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas pembinaan wilayah, serta implementasi Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 204 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI).


"Sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, Pasal 7 Ayat (2) Poin (b12), selain melaksanakan OPM (Operasi Militer Perang, red), juga bertugas melaksanakan OMSP (Operasi Militer Selain Perang, red), salah satunya membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan," ujarnya.


Nurhadi menjelaskan, bahwa longsor terjadi akibat curah hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak Sabtu malam.


Lanjut dia, longsor tersebut mengakibatkan ruas jalan di Kilometer 56 dan 57 yang berada di desa setempat tertutup material berupa, tanah, batu dan akar pohon yang ikut terbawa longsor.


"Sejak Sabtu malam, hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah Desa Sumbermujur, dan pada Minggu dini hari intensitas hujan menjadi deras, sehingga menyebabkan longsor di jalur 56 dan 57," jelasnya. (Pendim0821).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages