Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali Buka Diklat Kolaborasi Integrasi Dikmaba TNI AD dengan Diktukba Polri di Rindam

Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali Buka Diklat Kolaborasi Integrasi Dikmaba TNI AD dengan Diktukba Polri di Rindam

12/12/22, Desember 12, 2022


Tabanan – “Pada hari ini, Senin (12/12/2022) pukul 08.00 Wita. Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri gelombang II TA 2022, saya nyatakan dengan resmi dibuka”.


Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., saat menjadi Irup bersama Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., dalam Acara Pembukaan Kolaborasi Integrasi Dikmaba TNI AD dengan Diktukba Polri bertempat di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.


Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana membacakan amanat Komandan Kodiklat TNI AD, Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., menyampaikan bahwa Kolaborasi Integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dengan Siswa Diktukba Polri merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama antara TNI AD dengan Polri dibidang pendidikan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. 

 

Output yang diharapkan dari kolaborasi integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Siswa Diktukba Polri adalah tumbuhnya bibit integrasi dan sinergi yang kuat dalam mewarnai institusi TNI dan Polri sebagai alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Untuk mempererat rasa kebersamaan akan dibentuk keluarga asuh yang terdiri dari siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri. Sehingga melalui keluarga asuh diharapkan dapat memberikan hasil dan dampak yang positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri. 


Selanjutnya, Kapolda Bali membacakan amanat dari Kepala Lemdiklat Polri Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., menyampaikan bahwa upacara ini merupakan rangkaian awal dimulainya Diklat Integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan kolaborasi yang dilaksanakan selama 5 hari dengan jumlah peserta didik sebanyak 7.306 orang Siswa dari TNI dan Polri.


Tujuan dilaksanakannya Diklat ini adalah untuk memperkuat soliditas dan sinergitas seluruh Prajurit TNI dan Bhayangkara Polri sejak masa pendidikan sehingga terbentuk kerjasama, kekompakan dan ikatan moral dalam menjaga dan menjamin proses pembangunan nasional, stabilitas keamanan dan keutuhan NKRI.


Acara Diklat Integrasi TNI-Polri yang dilaksanakan serentak di Satuan Pendidikan TNI dan Polri di seluruh Indonesia tersebut, untuk di Rindam IX/Udayana diikuti sebanyak 161 siswa terdiri dari 121 Siswa Dikmaba TNI AD dan 40 Siswa Diktukba Polri. (Pendam IX/Udy)

TerPopuler