Kapolresta KBP Victor Mackbon Tangani Serius Setiap Kekerasan yang Terjadi Pada Anak

Kapolresta KBP Victor Mackbon Tangani Serius Setiap Kekerasan yang Terjadi Pada Anak

03/02/23, Februari 03, 2023

 


Polresta Jayapura Kota-, Peduli permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jayapura Betty, S.E., MPA diundang oleh Tribun Papua membahas Maraknya Isu Penculikan Anak dalam acara Live Streaming Papua Corner yang tayang di YouTube dan Facebook bertempat di Kantor Tribun-Papua Jayapura, Jumat (03/02).


Kapolresta menjelaskan situasi Kota Jayapura masih aman dan kondusif yang tercipta karena kerja sama antara seluruh elemen masyarakat dan para Tokoh Masyarakat yang ada.


Dirinya juga membahas terkait maraknya isu penculikan anak di Kota Jayapura melalui media sosial merupakan permasalahan yang serius yang sedang dihadapi pihaknya dan diupayakan agar dapat terselesaikan dengan segera.


Butuh peran aktif dari stakeholder terkait agar turut serta bersama menciptakan keamanan di Kota Jayapura, dan kami akan berkolaborasi dengan DP3AKB untuk mengatasi masalah ini tentunya.


Kapolresta KBP Victor Mackbon juga menjelaskan tugas Kepolisian sifatnya prefentif preemtif dan represif, preemtif adalah tugas kami yang memerlukan peran serta masyarakat bagaimana menjadi polisi bagi diri sendiri dan orang lain agar terciptanya Kamtibmas yang kondusif


"Program yang sedang kami jalankan adalah pendekatan dengan hati, bagaimana kami bersentuhan langsung dengan masyarakat  untuk menyelesaikan permasalahan ini," ungkap Kapolresta.


Disatu sisi Ibu Betty juga menyampaikan kasus kekerasan terhadap anak juga menjadi masalah serius yang saat ini sering terjadi, salah satunya kasus yang baru saja terjadi yang pelakunya merupakan ayahnya sendiri.


Faktor yang mempengaruhi kekerasan terhadap anak adalah faktor emosional dari orang tua entah dari luar rumah dan kebiasaan anak terhadap pola asuh, sehingga anak tersebut melakukan hal yang bisa menyebabkan ia menjadi korban kekerasan," jelas ibu Betty.


Menanggapi hal tersebut, KBP Victor Mackbon juga menyampaikan pihaknya melalui Unit PPA Satuan Reserse Kriminal sesegera mungkin akan menyelesaikan kasus tersebut sampai tuntas dan akan memproses pelaku sesuai dengan hukum yang berlaku.


"Dampak dari kekerasan yang dialami anak tersebut sangat beresiko akan pertumbuhannya bahkan bisa beresiko terhadap psikologisnya saat ini, untuk itulah kami akan selalu berkoordinasi dengan DP3AKB Kota Jayapura agar dampak yang dialami anak tersebut bisa ditemukan solusinya," ujar Kapolresta.


Diakhir kegiatan Kapolresta dan Kepala DP3AKB Kota Jayapura memberikan tips agar para orang tua selalu menjaga anak mereka, dan mengedukasi anak agar berhati-hati saat diluar rumah terutama saat berinteraksi dengan orang tak dikenal serta selalu bijak menggunakan media sosial dan jangan mudah terprovokasi dengan isu yang belum jelas kebenarannya.(*)


Penulis : Pratama

TerPopuler