Melasti 35 Desa Adat Di Masceti, Polsek Blahbatuh Gelar Pengamanan Terpadu

Melasti 35 Desa Adat Di Masceti, Polsek Blahbatuh Gelar Pengamanan Terpadu

19/03/23, Maret 19, 2023

 



BLAHBATUH-,Personel Polsek Blahbatuh melaksanakan Pengamanan Melasti masyarakat di Pantai Masceti, Minggu/19 Maret 2023.Pengamanan dilaksanakan secara terpadu bersama Sat Pol Air Polres Gianyar dan Pecalang Desa Adat.


Dari jadwal yang tertera sejumlah 35 Desa Adat akan melaksanakan upacara Melasti yang dimulai sejak pagi subuh hingga sore nantinya.


Upacara melasti merupakan upacara pengambilan tirta suci di tengah samudera atau sumber mata air. Upacara itu dimaknai sebagai pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi dan seisinya.


Dalam upacara tersebut, turut dibersihkan sarana prasarana dan peralatan upacara yang akan digunakan pada persembahyangan Nyepi saat acara Tawur Agung yang akan digelar pada 21 Maret 2023 mendatang.


Seijin Kapolres Gianyar, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama, S.H. mengatakan bahwa wilayah pantai saat ini menjadi atensi pengamanan karena banyaknya kegiatan upacara Melasti yang dilaksanakan oleh Masyarakat.


"Dari informasi dan jadwal yang disusun bahwa hari ini 35 Desa Adat akan melaksanakan upacara Melasti di pantai Masceti, sejak pagi subuh kami telah amankan kegiatan ujarnya 


"Menjelang Hari Raya Nyepi, masyarakat dari berbagai desa melaksanakan Upacara Melasti salah satunya di Pantai Masceti, Personel yang tersprin dibackup oleh piket fungsi melaksanakan pengamanan secara terpadu" ujarnya.


"Pengamanan dilaksanakan dari jalur masuk, parkir dan area Melasti untuk menjamin kelancaran dan keamanan kegiatan masyarakat" tandas Kapolsek Tama.

TerPopuler