Bersama Petugas PPL Babinsa Juata Permai Dampingi Petani Diwilayah.

Bersama Petugas PPL Babinsa Juata Permai Dampingi Petani Diwilayah.

18/08/23, Agustus 18, 2023

  


Tarakan - Sebagai wujud peran aktif TNI dalam meningkatkan ketahanan pangan diwilayah, Koptu Junjungan Simanjuntak Babinsa Koramil 0907/04 Tarakan Utara bersama PPL melakukan pendampingan kepada petani warga binaan.


Pendampingan ini dilakukan terhadap Rudi warga binaan yang memanfaatkan lahan miliknya dengan menanam semangka di wilayah RT.01 Kel.Juata Permai,Jumat(18/08/2023).


Dalam kesempatan tersebut,selain melakukan pemeriksaan kandungan PH dan tingkat keasaman tanah,petugas PPL bersama Babinsa juga memberikan penyuluhan bagaimana cara - cara merawat tanaman yang baik dan benar.


Koptu Juntak (Sapaan akrabnya) dalam kegiatan pendampingannya juga berpesan agar selalu melakukan perawatan tanaman secara rutin dengan membersihkan lahan dari rumput liar yang dapat menggangu tumbuh kembangnya tanaman, sehingga dimasa panen nantinya dapat menghasilkan buah yang memuaskan.


“Tidak hanya melakukan pendampingan, kita menganjurkan untuk melakukan penyemprotan hama agar tanaman tetap subur dan jauh dari serangan hama penyakit yang mehambat tumbuh kembang tanaman,” ujarnya usai kegiatan.


Lanjutnya,Kami Babinsa sebagai pengemban tugas di wilayah bekerja sama dengan PPL pertanian mempunyai peran yang penting dalam memajukan dan meningkatkan sektor pertanian masyarakat.


Dengan cara terjun langsung mendampingi di lapangan, kami selalu memberikan arahan, motivasi, dorongan semangat serta memberikan pengetahuan pertanian kepada petani. Sehingga harapan nya produksi hasil padi nya bisa terus meningkat,tuturnya.


Ia menambahkan,bahwa Pendampingan yang di lakukan kepada petani ini akan terus berlanjut mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan, perawatan tanaman, sampai dengan masa panen selesai,pungkasnya.

TerPopuler