Dukungan Terus Mengalir, Logistik Bantuan Kapolri dan Kapolda Tiba di Distrik Sinak Kabupaten Puncak

Dukungan Terus Mengalir, Logistik Bantuan Kapolri dan Kapolda Tiba di Distrik Sinak Kabupaten Puncak

18/08/23, Agustus 18, 2023

 


Jayapura- Sebagai bentuk semangat kepedulian terhadap lingkungan dan menjaga keberlanjutan alam, Polda Papua melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) melaksanakan kegiatan penanaman 500 pohon bersama di lapangan Tembak SPN Polda Papua, Jumat (18/8/2023).


Kegiatan yang berfokus pada penghijauan ini turut diikuti Karo SDM Polda Papua Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, S.I.K, Kepala SPN Polda Papua Kombes Pol. Marison Tober Hamonangan Sirait, S.I.K, sejumlah perwira SDM Polda Papua dan personel Polda Papua.


Dalam sambutannya, Karo SDM Polda Papua mengungkapkan pentingnya kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. 


"Kepedulian dari Polri untuk melaksanakan penghijauan di seluruh Indonesia. Hari ini sesauai perintahkan bapak Kapolri melalui Asisten SDM, kita melaksanakan penghijauan di daerah tempat pendidikan," ungkap Kombes Pol Ardana.


Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa lokasi kegiatan dipilih di Lapangan Tembak SPN Polda Papua karena memiliki lahan yang cukup luas, namun masih kurang dalam hal penghijauan. 


"Hari ini kita mulai dari jam 08:00 pagi sudah mulai melaksanakan penanaman pohon sekitar 200 pohon di lokasi ini. Nanti pada hari Rabu, akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, seluruh Polres akan melaksanakan penghijauan," tambah Kombes Pol Ardana.


Dirinya menuturkan bahwa pentingnya penghijauan ini tidak hanya sebagai upaya menjaga lingkungan, tetapi juga sebagai respon terhadap suhu bumi yang semakin tinggi. 


"Makna pelaksanaan penghijauan adalah bahwa kita ketahui bumi sudah mulai cukup panas dan merupakan panas tertinggi sepanjang 1 dekade ini. Sehingga memang diperlukan penghijauan untuk lebih melestarikan bumi dari ancaman polusi maupun panas ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini," tuturnya.


Karo SDM Polda Papua juga menekankan pentingnya peran Polri dalam memberikan contoh nyata tentang kepedulian terhadap lingkungan kepada masyarakat. 


"Polri menjadi lembaga negara yang memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa kita juga peduli terhadap lingkungan. Penghijauan adalah langkah awal untuk menjaga lingkungan yang baik dan sehat, serta membuat bumi lebih lestari," katanya.


Ia pun berharap bahwa kegiatan penghijauan ini akan memberikan dampak positif dan menjadi inspirasi bagi instansi lain, Masyarakat dan anggota Polri sendiri untuk lebih peduli terhadap bumi. 


"Saya berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh instansi lain, masyarakat, maupun anggota Polri itu sendiri. Intinya adalah peduli dengan bumi, bagaimana kita menghijaukan bumi, menjaga, dan melestarikan kehidupan agar kita akan hidup lebih baik lagi di masa depan," tutup Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, S.I.K.


Adapun jenis bibit pohon yang di tanam yakni, Pohon Matoa, Ketapang, Akasia, Kelengkeng, Rambutan, Jambu, Mangga dan Pohon Palem.



Jayapura, 18 Agustus 2023



Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

TerPopuler