Layanan Kesehatan Gratis Keladi Sagu Obati Penderita ISPA dan Malaria di Jayapura

Layanan Kesehatan Gratis Keladi Sagu Obati Penderita ISPA dan Malaria di Jayapura

11/08/23, Agustus 11, 2023

 


Jayapura – Kepolisian Republik Indonesia terus berkomitmen memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat tak hanya dalam hal keamanan. Polri juga turut membantu dalam layanan kesehatan khususnya di Papua.


Dalam rentang waktu enam bulan terakhir, salah satu contoh nyata layanan kesehatan gratis yang dijalankan adalah Program Keladi Sagu Ops Rasaka Cartenz 2023. Tujuan dari program ini adalah memberikan perhatian khusus terhadap aspek kesehatan di Tanah Papua.


 AKP Z. Ashari Amk., S.H selaku Kasi Dokkes Polresta Jayapura Kota melaksanakan Program Keladi Sagu Ops Rasaka Cartenz-2023 di daerah Abepantai, Kota Jayapura, Papua, pada Kamis (10/8/2023).


Kegiatan ini bertujuan memberikan bantuan kesehatan kepada warga yang mengalami berbagai masalah kesehatan seperti penyakit kulit, ISPA, dan stunting. 


Selama pelaksanaan kegiatan, tim kesehatan Keladi Sagu berhasil mengidentifikasi empat warga yang mengalami gangguan kesehatan. Diagnosa menunjukkan bahwa dua orang mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan dua lainnya mengidap Malaria Tropika.


AKP Z. Ashari Amk., S.H, mengatakan, keempat warga ini akan diberikan penanganan awal dan obat untuk meredakan gejala yang dialami. Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan rutin sehingga bisa memantau perkembangan dan pemulihan kesehatan keempat warga ini. 


"Respon masyarakat di daerah ini terhadap layanan kesehatan dari Subsatgas Keladi Sagu sangat positif. Komunikasi aktif dan kerja sama yang baik antara anggota Subsatgas Keladi Sagu Rasaka Cartenz dengan masyarakat setempat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ini," ujar AKP Azhari.


Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, mengungkapkan bahwa Program Keladi Sagu merupakan bagian dari agenda rutin yang terus ditingkatkan guna memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, terutama dalam sektor kesehatan di Jayapura.


"Harapan kami adalah agar masyarakat merasa nyaman untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sehingga potensi gangguan kesehatan dapat diidentifikasi sejak dini," tambahnya.


Dikenal juga bahwa Program Keladi Sagu merupakan bagian dari upaya Satgas Rasaka Polda Papua untuk mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah tersebut, khususnya dalam bidang kesehatan. Berdasarkan data BPS tahun 2022, Kota Jayapura memiliki IPM yang tinggi, dengan nilai mencapai 80,61.


Kasatgas berharap bahwa inisiatif seperti Keladi Sagu dan upaya lainnya dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mendorong gaya hidup sehat. Semua ini, menurutnya, adalah bentuk nyata komitmen kepolisian dalam memberikan layanan terbaik serta mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah ini.


Jayapura, 11 Agustus 2023


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

TerPopuler