Wakapolda Papua Buka Acara Penilaian Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah di Wilayah Polda Papua Tahun 2023

Wakapolda Papua Buka Acara Penilaian Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah di Wilayah Polda Papua Tahun 2023

24/08/23, Agustus 24, 2023

 


Jayapura – Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., membuka acara Penilaian Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah di Lapangan Apel Mapolda Papua Lama, Kamis (24/08/2023).


Turut hadir sejumlah Pejabat Utama Polda Papua, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Papua, Emil Feriansyah Latif, S.E., M.A., CRMP., QCRO, 1 Pleton Polisi Cilik Polres Jayapura dan 1 Pleton Patroli Keamanan Sekolah Polda Papua.


Kasubdit Dikmas Dit Kamsel Korlantas Polri, Kombes Pol. Arman Achdiat, S.I.K., M.Si., selaku ketua Tim Penilai dalam sambutannya menjelaskan, tujuan acara ini, yaitu untuk melatih anak-anak dan remaja di Papua tentang pentingnya keamanan dan bagaimana menjaganya, serta untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan seperti disiplin, kepemimpinan, dan komunikasi.


“Pada kesempatan yang baik ini kami juga akan menilai sejauh mana improv yang telah dilakukan oleh Polda Papua untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dimulai dengan membimbing Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah di Papua,” ucapnya.


Kombes Arman juga menambahkan bahwa Polda Papua memasuki kriteria Polda di wilayah timur yaitu Polda Papua, Papua Barat, Sulawesi, Maluku Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. 


“Kalau memang dinilai adik-adik mampu dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan makan nanti akan diberangkatkan ke Jakarta dengan akomodasi yang telah kita siapkan,” tambahnya.


Selanjutnya, Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi acara Penilaian Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah tahun 2023.


Ia menyampaikan harapannya agar perwakilan dari Papua dapat mewakili Indonesia bagian timur dalam acara serupa di Jakarta, dan berharap agar Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah dapat membantu mengubah budaya Papua menjadi lebih tertib, terutama dalam hal berlalu lintas.


“Saya juga berpesan kepada seluruh anggota Polda Papua agar dapat membimbing dan memberikan informasi kepada anak-anak kita sehingga anak-anak kita tidak hanya melalui kegiatan ini, namun ada kegiatan lain juga yang nantinya bisa memberikan pemahaman tentang tertib berlalu lintas,” tutur Wakapolda.


Hal tersebut juga menjadi tantangan tersendiri kata Wakapolda bagi personel Polda Papua untuk bisa mewujudkan masyarakat Papua tertib berlalu lintas.


Selama acara, terdapat penampilan gerak jalan Polisi Cilik dari Polres Jayapura dan penampilan gerak jalan Patroli Keamanan Sekolah Polda Papua. 


Kegiatan Penilaian Polisi Cilik dan Patroli Keamanan Sekolah di wilayah Polda Papua bertujuan untuk membantu anak-anak dan remaja di Papua dalam memahami pentingnya keamanan serta bagaimana menjaganya. Dalam kegiatan ini, Polisi Cilik serta anak-anak dapat mengembangkan keterampilan seperti disiplin, kepemimpinan, dan komunikasi. 



Jayapura, 24 Agustus 2023



Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

TerPopuler