Musim Kemarau, Rutan Tanah Grogot pastikan situasi Kondusif

Musim Kemarau, Rutan Tanah Grogot pastikan situasi Kondusif

08/09/23, September 08, 2023

 


Tanah Grogot, Rutaro Info - Musim kemarau panjang yang terjadi di Indonesia saat ini, membuat jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot melakukan Strategi Khusus agar keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan Tanah Grogot selalu dalam keadaang aman dan kondusif.



Beberapa titik kebakaran lahan yang terjadi  diakibatkan oleh musim kemarau menjadi fokus tersendiri bagi jajaran keamanan Rutan untuk melakukan tindakan.



Sebab itu pemeriksaan Insidentil terus dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan menimbulkan gangguan Keamanan dan Ketertiban.



Kepala kesatuan pengamanan rRutan Ahmad Zaki Al Hasni menerangkan, Jum'at (8/9/2023), pihaknya telah melakukan pemeriksaan Insidentil di berbagai lini yang bersifat krusial.



" Memasuki bulan kemarau tahun ini kita intens melakukan pemeriksaan sedini mungkin sebagai upaya preventif dalam pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban," kata Zaki dalam keterangannya Jum'at, (8/9).



mulai dari sarana dan prasarana  keamanan seperti Alat pemadam api ringan (Apar) , hingga aliran instalasi listrik menjadi poin penting dalam pemeriksaan insidential tersebut.



Tak lupa juga  beranggang, Pergantian kunci dan gembok rutin  hingga teralis-tralis blok hunian di dilakukan pengecekan untuk memastikan keadaan sesuai dengan semestinya.



disamping itu, Zaki menjelaskan ketersediaan stok air bersih dan air minum bagi Warga binaan Pemasyarakatan pada musim kemarau tahun ini tercukupi, dia memastikan Rutan Tanah Grogot dalam keadaan aman dan kondusif.



" Kami juga memiliki dua sumur bor disamping air dari PDAM untuk memenuhi kebutuhan warga binaan,  seperti mandi minum dan lain sebagainya, dan syukur alhamdulillah hingga saat ini tidak ada kendala, tentunya kita berharap bersama Rutan selalu dalam keadaan kondusif," imbuhnya.



Dengan ditambah Harmonisnya hubungan rutan Tanah Grogot dengan Dinas pemadam kebakaran Kabupaten Paser, Badan penanggulangan bencana Daerah Kabupaten Paser serta APH terkait memperkuat pondasi jajaran keamanan rutan untuk menciptakan lingkungan Rutan yang kondusif.



Meski demikian Zaki mau wanti-wanti kepada seluruh jajarannya untuk untuk jangan pernah bosan untuk melaksanakan trolling (Kontrol keliling) dan deteksi dini.



" Yang paling penting saya tekankan kepada rekan-rekan pengamanan untuk selalu melaksanakan rolling, untuk mengantisipasi adanya  barang tak lazim yang berbahaya," tandasnya.

TerPopuler