Peran Babinsa Koramil Sekatak Pendampingan Sosialisasi Waspada Karhutla kepada Masyarakat

Peran Babinsa Koramil Sekatak Pendampingan Sosialisasi Waspada Karhutla kepada Masyarakat

20/09/23, September 20, 2023


Tanjung Selor, Babinsa Koramil 0903-05/Sekatak Serma Yono hadiri Sosialisasi Waspada (Karhutla) Kebakaran Hutan dan Lahan bertempat di Kantor Desa Bunau Kec. Sekatak, Rabu (20/9/2023).


Babinsa memiliki pemahaman mendalam tentang wilayah tempat mereka bertugas. Mereka mengetahui potensi risiko Karhutla di daerah mereka dan dapat mengidentifikasi titik-titik rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


Serma Yono mengatakan Babinsa berperan sebagai pendamping dalam kegiatan sosialisasi waspada Karhutla. Mereka membantu pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya dalam menyampaikan informasi penting tentang bahaya Karhutla kepada masyarakat.


Babinsa melakukan penyuluhan langsung kepada masyarakat tentang tindakan pencegahan Karhutla, seperti penggunaan api terbuka yang aman, pembuangan puntung rokok yang benar, dan tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan. Mereka juga memberikan informasi mengenai sumber daya air dan alat pemadam yang dapat digunakan dalam situasi darurat.


Babinsa juga berperan dalam membangun kesadaran dan tanggung jawab sosial masyarakat terhadap pelestarian lingkungan. Mereka mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam upaya pencegahan Karhutla dan menjaga kelestarian hutan dan lahan.


Babinsa memiliki peran penting dalam pendampingan sosialisasi waspada Karhutla kepada masyarakat. Dengan pemahaman mendalam tentang wilayahnya, keterlibatan aktif dalam sosialisasi, serta kemampuan untuk melakukan tindakan konkret dalam situasi darurat, Babinsa menjadi garda terdepan dalam upaya pelestarian lingkungan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Dengan kerja sama yang baik antara Babinsa, pemerintah, dan masyarakat, harapannya dapat tercipta lingkungan yang lebih aman dan lestari.


Turut hadir dalam kegiatan Kades desa Bunau Jhoni Norbet Babinsa Serma Yono,  Babinkantibmas Karim, Tim Pensosialisasi Karhutla dari PT Intraca, Toga,Toda dan Tomas Desa Bunau.

TerPopuler