Koramil 0903-01/Tanjung Palas dan Polsek Bersatu dalam Pemantauan dan Pengamanan Pawai Hari Santri

Koramil 0903-01/Tanjung Palas dan Polsek Bersatu dalam Pemantauan dan Pengamanan Pawai Hari Santri

19/10/23, Oktober 19, 2023

 


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-01/Tanjung Palas bersama anggota Polsek Tanjung Palas melaksanakan Pemantauan dan Pengamanan Pawai Hari Santri yang dilaksanakan Santri Ponpes Al-Hayat Kel Karang Anyar, Kec Tanjung Palas, Kamis (19/10/2023).


Dalam rangka perayaan Hari Santri, Santri Ponpes Al-Hayat Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tanjung Palas, menyelenggarakan pawai yang meriah dan penuh semangat. Acara tersebut berlangsung dengan sukses dan lancar, berkat kerjasama yang erat antara anggota Koramil 0903-01/Tanjung Palas dan anggota Polsek Tanjung Palas yang turut serta dalam pemantauan dan pengamanan.


Babinsa Kel Karang Anyar Sertu Siono mengatakan Pawai Hari Santri adalah salah satu acara penting yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Santri, sebuah hari yang memiliki makna mendalam bagi umat Islam Indonesia. Santri Ponpes Al-Hayat, yang terletak di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tanjung Palas, merayakan Hari Santri dengan mengadakan pawai yang melibatkan ratusan santri dari berbagai tingkatan.


Untuk memastikan kelancaran acara tersebut, Koramil 0903-01/Tanjung Palas dan Polsek Tanjung Palas bekerja sama dengan baik dalam tugas pemantauan dan pengamanan. Mereka berjaga di sepanjang rute pawai, mengatur lalu lintas, serta memberikan bantuan jika diperlukan.


Kegiatan ini merupakan contoh sinergi antara TNI AD dan Kepolisian dalam mendukung kegiatan masyarakat setempat. Selain menjaga keamanan, anggota Koramil dan Polsek juga berperan sebagai penghubung antara peserta pawai, panitia, dan masyarakat. Mereka memberikan arahan dan petunjuk kepada peserta pawai agar berlangsung dengan tertib dan aman.


Selain itu, kehadiran anggota Koramil 0903-01/Tanjung Palas dan Polsek Tanjung Palas juga memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang menyaksikan pawai. Dengan adanya pengamanan yang ketat, acara berlangsung dengan aman, dan peserta pawai dapat mengekspresikan semangat peringatan Hari Santri dengan baik.


Dalam upaya menjaga keberagaman budaya dan keagamaan yang menjadi ciri khas Indonesia, kegiatan semacam ini sangat penting. Pawai Hari Santri tidak hanya memperingati peran penting santri dalam pengembangan Islam di Indonesia, tetapi juga menghargai kontribusi mereka dalam memperkokoh persatuan dan kerukunan antarumat beragama.


Kerjasama antara Koramil 0903-01/Tanjung Palas dan Polsek Tanjung Palas dalam pemantauan dan pengamanan Pawai Hari Santri merupakan contoh konkret dari sinergi antara dua lembaga keamanan yang berperan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah setempat. Hal ini juga mencerminkan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dalam mendukung perayaan budaya dan agama.


Dengan berakhirnya pawai Hari Santri yang meriah ini, masyarakat Tanjung Palas berharap bahwa semangat persatuan dan kerukunan akan terus tumbuh dan berkembang, dan bahwa perayaan-perayaan budaya dan agama lainnya akan terus dihormati dan dirayakan bersama.

TerPopuler