Implementasi Wawasan Kebangsaan Dalam Kehidupan Bermasyarakat Oleh Kasdim 0903/Bulungan

Implementasi Wawasan Kebangsaan Dalam Kehidupan Bermasyarakat Oleh Kasdim 0903/Bulungan

20/11/23, November 20, 2023

  


Tanjung Selor, Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si hadiri Rapat Koordinasi Camat dan Kepala Desa Se Kab Bulungan yang dibuka langsung oleh Bupati Bulungan bapak Syarwani, S.Pd,. M.Si. dengan tema Sinkronisasi dan Sinergitas Perencanaan Pembangunan Untuk Penguatan Peran Desa dan Kecamatan Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan bertempat di Gedung Wanita Jalan Serindit Tanjung Selor, Senin (20/11/2023).


Kasdim 0903/Bulungan, Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si, aktif hadiri Rapat Koordinasi Camat dan Kepala Desa Se Kab Bulungan dalam meningkatkan sinergi pembangunan di Kabupaten Bulungan. Beliau turut serta dalam Rapat Koordinasi Camat dan Kepala Desa yang dihadiri oleh para pemangku kebijakan daerah yang menegaskan pentingnya sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pembangunan serta menjadi narasumber terkait dengan implementasi wawasan kebangsaan, bela negara dan pemantapan nilai nilai kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat dalam menyongsong pemilu 2024.


Sebagai narasumber, beliau menekankan pentingnya pemantapan nilai-nilai kebangsaan sebagai landasan masyarakat menyongsong Pemilu 2024. Implementasi wawasan kebangsaan melibatkan partisipasi aktif dalam memahami, menghormati, dan memelihara keberagaman serta keutuhan NKRI. Kasdim Agus Sulistiyo juga menyoroti pentingnya peran masyarakat dalam membentuk pemahaman bersama akan nilai-nilai kebangsaan sebagai fondasi demokrasi yang sehat.


Peran strategis wawasan kebangsaan dalam membentuk identitas nasional dan memperkuat persatuan. Beliau menyoroti pentingnya bela negara sebagai tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Pemantapan nilai-nilai kebangsaan di tengah masyarakat dianggapnya sebagai langkah krusial untuk menciptakan keselarasan dan harmoni dalam berdemokrasi. Dengan keterlibatan aktif masyarakat, diharapkan Pemilu 2024 dapat menjadi momentum positif bagi Indonesia, didukung oleh kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa.


Dalam suasana yang penuh semangat, Letkol Inf Agus Sulistiyo menggarisbawahi peran strategis Desa dan Kecamatan dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Keikutsertaannya menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung pembangunan di tingkat lokal. Tema acara, yaitu "Sinkronisasi dan Sinergitas Perencanaan Pembangunan untuk Penguatan Peran Desa dan Kecamatan Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan," menjadi landasan diskusi yang mendalam.


Rapat ini menjadi forum berharga untuk berbagi ide, pengalaman, dan merumuskan langkah-langkah konkret guna mencapai tujuan pembangunan yang lebih berkelanjutan. Dengan lokasi acara di Gedung Wanita Jalan Serindit Tanjung Selor, suasana kebersamaan semakin terasa, menciptakan ruang yang ideal untuk membangun kesepahaman dan kerjasama antarinstansi.


Partisipasi aktif Letkol Inf Agus Sulistiyo mencerminkan kolaborasi yang erat antara TNI dan pemerintah daerah. Sinergi antara unsur militer dan sipil menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai target pembangunan, terutama terkait dengan kedaulatan pangan. Keseriusan Bupati Bulungan dan para camat serta kepala desa dalam menghadirkan perencanaan yang terkoordinasi memberikan harapan bagi kemajuan Kabupaten Bulungan ke depan.

TerPopuler