Bangun Karakter patriotisme dan Nasionalisme, Satgas TMMD Bekali Wasbang Siswa – siswi SMP 1 Sagap

Bangun Karakter patriotisme dan Nasionalisme, Satgas TMMD Bekali Wasbang Siswa – siswi SMP 1 Sagap

26/02/24, Februari 26, 2024

  


Tanjung Selor- Selain melaksanakan kegiatan Fisik berupa pembangunan insfrastruktur, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke - 119 Kodim Kodim 0903/Bulungan juga melaksanakan kegiatan non-fisik salah satunya sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada Siswa Siswi SMP 1 Sagap Desa Gunung Seriang.


Dansatgas TMMD Ke -119 Kodim 0903/Bul melalui Perwira Koordinator Kapten Inf Pardi Mulyo mengatakan kegiatan ini merupakan sasaran non-fisik yang bersinergi dengan Polri dan instansi pemerintahan dalam memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada seluruh lapisan masyarakat.


"Ya, kami yang akan datang memberikan penyuluhan secara bergantian ke masyarakat Kampung Baratan, kali ini kami memberikan penyuluhan dengan materi Wawasan Kebangsaan ke anak-anak SMP 1 Sagap," ucap Kapten Pardi, Senin (26/02/2024).


Satgas TMMD juga mengatakan, anggota Satgas sengaja datang ke sekolah sambil menyapa anak-anak sekolah dengan penuh kasih sayang hingga anak merasa dekat dengan personel Satgas TMMD. 


"Anak-anak sangat senang berbaur dengan anggota Satgas yang datang ke sekolahnya," ujarnya.


Kapten Inf Purwoko sebagai narasumber menyampaikan kepada Siswa-siswi SMP 1 Sagap, bahwa kita semua bersaudara, Indonesia terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke, dan kita semua sama, bersatu dan bersaudara.


"Tugas adik-adik adalah menuntut ilmu sampai jenjang Fakultas. Nanti setelah selesai, manfaatkan ilmu itu untuk membangun daerah kalian masing-masing," harapnya.


Pembekalan Wasbang ditujukan untuk membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki jiwa nasionalisme. "Sehingga akan dapat mewujudkan generasi muda yang selalu siap menghadapi tantangan di masa depan, khususnya di tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," imbuhnya. 


Ditempat terpisah Dansatgas TMMD Ke-119 Kodim 0903/Bul Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, S.Sos., M.I.Pol. mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi TNI dalam mendukung tugas pokoknya sebagai pembangunan sarana dan prasarana di daerah. Tak hanya memberikan bantuan fisik, namun TNI juga berperan dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman yang berguna bagi masyarakat . 


Kepala SMP 1 Sagap, M.akbar. Spd mengakui, jika anak didiknya merasa senang dan sangat terkesan karena mendapatkan ilmu tentang Wawasan Kebangsaan dan materi lainnya yang diberikan oleh Satgas TMMD Kodim 0903/ , tentunya dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air.


"Terima kasih banyak kepada personel Satgas TMMD terutama kepada narasumber yang sudah menyampaikan tentang materi Wawasan Kebangsaan kepada murid-murid sekolah ini, semoga dengan pemberian materi pelajaran tersebut dapat menambah rasa cinta Tanah Air anak-anak murid sekolah kami," ungkapnya.

TerPopuler