Dialog Interaktif Pemilu Damai, Kapolresta Bersama PJ. Walikota dan Ketua KPU Himbau Warga Jaga Kamtibmas

Dialog Interaktif Pemilu Damai, Kapolresta Bersama PJ. Walikota dan Ketua KPU Himbau Warga Jaga Kamtibmas

13/02/24, Februari 13, 2024

 



Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Studio Programa 1 LPP RRI Jayapura, Kapolresta Jayapura Kota  Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si bersama PJ. Walikota Jayapura Dr. Frans Pikey, M.Si dan Ketua KPU Kota Jayapura, Oktavianus Injama, SH., MH menjadi narasumber dalam dialog interaktif dengan topik bersama ciptakan Pemilu 2024 yang damai di Kota Jayapura, Selasa (13/2) pagi.


Berbicara tentang menciptakan atmosfer pemilu yang damai, Kapolresta menerangkan bahwa hal tersebut telah dilakukan oleh Polri dalam hal ini Polresta Jayapura Kota sudah jauh-jauh hari.


"Polisi bekerja sama dengan pemerintah, stakeholder dan penyelenggara pemilu itu sendiri. Dalam rangka pemilu damai, kami menyelenggarakan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang mana kami telah melakukan pencegahan dari tahun 2023 sampai dengan hari ini," ucap Kapolresta.


Kapolresta menambahkan, khusus untuk daerah yang dianggap rawan dari hasil pemetaan, pihak Kepolisian  akan menekan dengan penggalangan di daerah tersebut, yang tadinya berdasarkan data daerah rawan berjumlah 10 sekarang menjadi 5.


"Komunikasi dari pihak penyelenggara dan keamanan juga terjalin cukup baik sehingga kepentingan-kepentingan yang dijalankan dapat berjalan sesuai dengan aturan," terangnya.


Disamping itu Ketua KPU Kota Jayapura mengantisipasi gangguan pendistribusian logistik pemilu oleh oknum masyarakat. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak kemananan.


"Distribusi logistik dihari ini dengan dukungan dari pihak Kepolisian, pihak Distrik maupun Kampung dan Kelurahan kami berharap dapat berjalan dengan sukses agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya tepat waktu pada esok hari, " jelas Oktavianus.


PJ. Walikota Jayapura juga menghimbau warga agar gunakan hak pilihnya dengan baik dan bijak. Apabila terdapat warga yang tidak memiliki bukti identitas sebagai syarat memilih, tidak memaksakan kehendak yang dapat mengganggu Kamtibmas.


"Karena ini pesta demokrasi bertepatan dengan hari kasih sayang, kami mendorong pihak penyelenggara untuk melakukan inovasi yang unik dan kreatif di TPS masing-masing, misalnya menghiasi TPS, aksesoris yang digunakan oleh petugas dan ini dilombakan untuk menciptakan suasana yang berbeda dari pemilu sebelumnya," ucap Dr. Frans Pekey.


Diakhir dialog, Kapolresta Jayapura Kota bersama PJ. Walikota Jayapura dan Ketua KPU Kota Jayapura mengajak warga untuk bersama-smaa menjaga situasi aman dan damai jelang hingga selsesainya Pemilu 2024, agar semuanya dapat berjalan dengan sukses dan lancar.(*)


Penulis : Sesa

TerPopuler