Pangdam IX/Udayana Hadiri Rapat Koordinasi World Water Forum ke 10 Tahun 2024 Di Nusa Dua Bali

Pangdam IX/Udayana Hadiri Rapat Koordinasi World Water Forum ke 10 Tahun 2024 Di Nusa Dua Bali

20/04/24, April 20, 2024


Badung -  Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Nasional Penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke 10 tahun 2024 yang dipimpin oleh Menko Marvest RI Jenderal TNI (Pur) Luhut Binsar Panjaitan bertempat di Jakarta Room BICC Nusa Dua - Bali, pada Sabtu (20/4/2024).


Rakor ini dihadiri antara lain Mendagri RI, Menteri Ekonomi dan Kreatif RI, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, Kabaharkam Polri, Waka BSSN RI, BIN RI, Asops Kapolri, Kakorlantas Polri, Kadiv Humas Polri, Pangkogab Wilhan II, Pj Gubernur Bali, Kapolda Bali serta Staf dan Anggota Kementrian Panitia WWF.


WWF ke-10 yang akan berlangsung di Bali pada tanggal 18 sampai dengan 25 Mei 2024 akan fokus membahas empat hal, yakni konservasi air (Water Conservation), air bersih dan sanitasi (Clean Water And Sanitation), ketahanan pangan dan energi (Food And Energy Security), serta mitigasi bencana alam (Mitigation Of Natural Disasters), yang akan melibatkan kurang lebih 172 negara. 


Dalam Rakor tersebut masing-masing memaparkan tentang tugas dalam keterlibatannya sebagai panitia penyelenggaraan WWF ke 10 tahun 2024. Pada kesempatan tersebut Panglima TNI  memaparkan keterlibatan TNI dalam pengamanan kegiatan WWF sesuai dengan Keppres No 13 tahun 2024, bahwa Panglima TNI menjadi ketua penanggung jawab bidang Keamanan dan Kesehatan kegiatan WWF ke 10 tahun 2024 yang di bantu oleh Kapolri  dan Wamenkes sebagai wakil ketua. 


Selanjutnya Panglima TNI mengatakan dalam pengamanan kegiatan WWF, dibagi menjadi 2 Satgas, yaitu Pengamanan VVIP dilaksanakan oleh TNI dan Pengamanan VIP dilaksanakan oleh Polri, kekuatan Personil TNI yang dilibatkan dalam pengamanan WWF ini adalah 12.534 personel lengkap dengan seluruh peralatan yang ada, mekanisme evakuasi VVIP apabila terjadi Gempa Bumi dan Tsunami akan dipusatkan di Helipad Nusa Dua, sehingga dapat langsung diterbangkan ditempat yang aman dan kegiatan evakuasi juga didukung dengan peralatan escape yang dapat digunakan segera mungkin.


Tampak Pangdam IX/Udayana dan para peserta Rakor WWF ke 10 mengikuti dengan  seksama setiap materi yang disampaikan pemapar dari masing-masing bagian. Kegiatan Rakor ini berlangsung dengan aman dan lancar. (Pendam IX/Udy)

TerPopuler