Kepala Staf Angkatan Darat Beserta Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hadiri Penutupan TMMD ke 120 Kodim 1022/Tanah Bumbu

Kepala Staf Angkatan Darat Beserta Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hadiri Penutupan TMMD ke 120 Kodim 1022/Tanah Bumbu

07/06/24, Juni 07, 2024


Tanah Bumbu – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc tutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 di wilayah Kodim 1022/Tanah Bumbu, Jumat (07/06/2024).


Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan momentum bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar menjadi lebih baik dan merata, terutama di wilayah 3T (Terpencil, Terisolir dan Terluar).


Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc yang juga menjabat sebagai Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, saat menutup secara resmi Program TMMD ke-120 Tahun 2024, di Desa Karang Rejo, Kec. Karang Bintang, Kab. Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.


Kasad mengungkap bahwa TMMD ke-120 yang dilaksanakan serentak di 50 wilayah Kabupaten/Kota sejak 8 Mei hingga 7 Juni 2024 merupakan program lintas sektoral yang bertujuan meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di desa yang membutuhkan. Lewat program ini, TNI-Polri, Pemda, dan masyarakat setempat, membangun berbagai fasilitas kesehatan, pendidikan, tempat ibadah, renovasi rumah tidak layak huni, penyediaan air bersih, hingga ketahanan pangan.


“TMMD adalah bukti nyata kolaborasi antara TNI-Polri, pemerintah, dan masyarakat dalam memajukan daerah-daerah terpencil, terisolir dan terluar. Untuk itu saya merasa bangga dan berterima kasih atas hasil kerja keras seluruh pihak yang telah bergotong royong membangun wilayah dengan penuh semangat dan kekeluargaan,” ujar Kasad seraya menyebut bahwa TMMD juga berperan untuk menumbuhkan kecintaan dan kemanunggalan rakyat dengan TNI.


Sebelum menutup secara resmi TMMD ke-120 di wilayah Kodim 1022/Tanah Bumbu, Kasad menerima paparan hasil pelaksanaan TMMD dari Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Boni Berdian, S.E termasuk hasil pelaksanaan sasaran non fisik seperti sosialisasi wawasan kebangsaan, penanganan stunting dan pemberdayaan UMKM.


Di penghujung sambutannya, Kasad menegaskan komitmen TNI dalam melanjutkan program serupa di masa mendatang, serta Kasad berharap hasil-hasil TMMD dapat dipelihara, agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam waktu lama.


Usai menutup TMMD ke-120, Kasad beserta rombongan pejabat TNI AD lainnya, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar, dilanjutkan meninjau sekaligus meresmikan lokasi TMAB di Desa Karang Rejo.


Di akhir acara Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Inf Boni Berdian, S.E menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kasad yang telah meresmikan sekaligus menutup kegiatan TMMD ke 120 Kodim 1022/Tanah Bumbu," ucap Dandim. (*)

TerPopuler