Penilaian Lomba Satkamling Polda Bali Di Desa Buruan Blahbatuh - Paskotanews

Paskotanews

Politik, Hukum,Kriminalitas, Opini, Tips, Kesehatan, Religi, Budaya Dan Peristiwa

Breaking

Post Top Ad

23/06/22

Penilaian Lomba Satkamling Polda Bali Di Desa Buruan Blahbatuh

  


BLAHBATUH-Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara Ke-76, Polda Bali menggelar lomba Satkamling tingkat Polda yang diikuti oleh perwakilan Satkamling Seluruh Bali.Dalam hal ini Polres Gianyar diwakili oleh Satkamling Banjar Kutri Desa Buruan Kecamatan Blahbatuh.Penilaian Lomba dilaksanakan hari ini Jumat/24 Juni 2022.


Adapun tim penilai yaitu selaku Ketua Tim Kasubdit Bin Polmas Polda Bali Kompol Anwar Sasmito, SH., M.H.,  dan Anggota dari Dit Binmas Polda Bali.Kedatangan Team disambut oleh Kapolres Gianyar yang diwakili oleh Kabag Ren Kompol Ngakan Nyoman Tapa,S.H., Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri, S.H., M.H. bersama Forkompimcam Blahbatuh, Anggota DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi,SE dan sejumlah pengurus adat dan dinas setempat.


Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan dari kepala Desa Buruan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan doa kemudian peragaan kemampuan Anggota Linmas serta pemeriksaan kelengkapan Poskamling.


Kepala Desa Buruan I Ketut Sumarda saat membacakan sambutan  mengucapkan dirgahayu Bhayangkara yang ke-76 di tahun 2022, semoga di usianya yang ke-76 ini Bhayangkara akan senantiasa berada di hati masyarakat dan berada bersama-sama masyarakat menjaga keamanan di wilayah masing-masing.Dirinya berharap kegiatan lomba Sitkamling ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk menjadi stimulant dalam meningkatkan peranan dan kemampuan Linmas.


Lebih lanjut Ketua Tim Kasubdit Bin Polmas Polda Bali Kompol Anwar Sasmito, SH., M.H.dalam sambutannya menjelaskan, perlindungan masyarakat yang selanjutnya disebut Limas, segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana,Dimana Polri tentunya membutuhkan bantuan masyarakat dalam  memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban lingkungan terlebih dengan adanya Program Sipandu Beradat sehingga peran Linmas amat penting dalam menjaga Kamtibmas.


Kemudian Kasubdit Bin Polmas Polda Bali Kompol Anwar Sasmito, S.H., M.H. selaku Ketua Tim mengatakan lomba siskamling ini dilakukan setiap satu tahun sekali merupakan stimulan serta sejauh mana partisipasi dan kepedulian masyarakat tentang keamanan di lingkungannya di samping itu pula juga memperingati hari Bhayangkara ke-76 tanggal 1 Juli 2022 dalam suasana mewabahnya pandemi Covid-19.


Lanjutnya, saat ini merupakan momentum yang baik dan diharapkan dengan kehadiran Bapak-bapak atau Ibu-ibu sebagai warga masyarakat dapat membantu tugas pemerintah khususnya Polri untuk menjaga dan membina masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker, jaga jarak, serta mencuci tangan guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19.


Dijelaskan pula,Bapak Kapolri menegaskan konsep presisi Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) dalam melaksanakan tugas pokoknya Polri bertugas membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan, sehingga dalam rangka mewujudkan perannya sebagai yang diamanatkan dalam undang-undang tersebut maka Polri dalam melaksanakan tugasnya lebih mengedepankan kegiatan pencegahan dan penanggalan dapat dilakukan dengan membangun kemitraan antara Polri dan masyarakat khususnya mengaktifkan Poskamling di masing-masing desa adat sesuai Pergub 26 tahun 2020 tentang Si Pandu Beradat.


Adapun kriteria yang dilombakan meliputi : 1) Keaktifan Petugas Kamling, 2) Bentuk Pos Satkamling, 3) Perlengkapan Pos Satkamling, 4) Perlengkapan perorangan petugas kamling, 5) Administrasi Pos Satkamling, 6) Kemampuan Petugas kamling, dan 7) Simulasi.


Dalam simulasi lomba Satkamling peragakan beberapa peragaan, diantaranya baris berbaris, pengaturan lalu-lintas, senam tongkat, penanganan dalam simulasi kebakaran, penanganan pada saat menemukan orang tergeletak dijalan, dan diakhir melaksanakan peninjuan terhadap Pos Satkamling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages