Kapolsek : Dilihat dari Aspek Sosial, Kenakalan Remaja, Peredaran Narkoba dan Tindak Kriminal Saling

Kapolsek : Dilihat dari Aspek Sosial, Kenakalan Remaja, Peredaran Narkoba dan Tindak Kriminal Saling

13/01/23, Januari 13, 2023


Polresta Jayapura Kota,- Intens dengarkan keluhan warganya sejak Bulan Desember 2022, Kapolsek Jayapura Selatan AKP Julkifli Sinaga, S.I.K., M.H kembali bersentuhan langsung mendengarkan keluhan warganya melalui giat Para-Para Numbay Polresta bertempat di Kompleks Karantina Hewan Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan, Jumat (13/1) sore.


Dengan dihadiri oleh warga setempat dan para Tokoh Masyarakat yang ada, Kapolsek AKP Julkifli Sinaga menampung semua saran dan keluhan yang disampaikan oleh warga yang hadir.


AKP Julkifli Sinaga menyampaikan kepada warga bahwa giat Para-Para Numbay sudah dilaksanakannnya sejak Desember 2022 karena merupakan atensi Bapak Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si untuk terjun langsung ke masyarakat dengarkan suara mereka terkait Kamtibmas.


"Kini setiap Jumat, atas petunjuk dan arahan Bapak Kapolri kami harus tatap muka bersama masyarakat untuk melakukan sharing bersama guna mencari solusi melalui diskusi. Dalam menciptakan Kamtibmas itu tidak serta-merta tiba-tiba aman, pasti ada upaya-upaya didalamnya, dimana yang kami lakukan yakni mendekatkan diri kepada masyarakat untuk meningkatkan keamanan," ujar Kapolsek.


Lebih lanjut kata Kapolsek, mungkin selama ini yang datang bertemu langsung menyapa masyarakat adalah Bhabinkamtibmas, namun kini Kapolsek turun langsung untuk menerima saran dan masukan serta memikirkan solusinya. "Itulah harapan Pimpinan kami dalam program ini," tandasnya.


Merangkum semua hasil pertemuan pada giat Para-Para Numbay yang dilaksanakan, kepada Humas Polresta Jayapura Kota Kapolsek menjelaskan bahwa warga di Kompleks Karantina Hewan mengeluhkan adanya permasalahan yang jika dilihat dari aspek sosial semua saling beterkaitan mulai dsri Kenakalan Remaja, Peredaran Narkoba dan Tindakan Kriminal.


"Tentunya menyikapi keluhan-keluhan tersebut, kami akan memaksimalkan kinerja dan peran serta masyarakat yaitu dengan cara membangun komunikasi dengan, agar Kami yang bertindak selaku Penegak hukum. Untuk menghidupkan kembali siskamling, saya akan arahkan Bhabinkamtibmas untuk mengkoordinir pengaktifan kembali Siskamling, karena ini merupakan bagian dari upaya preventif dalam meminimalisir kejadian kriminal," pungkas Kapolsek.


Ia pun menambahkan terkait patroli, memasuki tahun 2023, dirinya memiliki formula khusus untuk di wilayah Distrik Jayapura Selatan, dengan membuat jam patroli per-kelurahan seraya berharap dengan jam patroli tersebut bisa semakin tersentuh. "Semoga solusi ini bisa terlaksana dengan baik dan program kami  terasa manfaatnya bagi masyarakat," kata Kapolsek.(*)


Penulis : Subhan

TerPopuler