Pantau Pasar Desa, Polsek Blahbatuh Amankan Kegiatan Masyarakat Di Hari Penampahan Galungan

Pantau Pasar Desa, Polsek Blahbatuh Amankan Kegiatan Masyarakat Di Hari Penampahan Galungan

02/01/23, Januari 02, 2023

 


BLAHBATUH-Sehari menjelang Galungan adalah hari dari serangkaian perayaan Hari Suci Galungan yang ditandai dengan pemotongan babi. Dalam lontar Sundarigama disebutkan bahwa pada saat Hari Penampahan Galungan merupakan turunnya Bhuta Amangkurat, yang ingin menganggu kehidupan manusia yang akan melaksanakan Hari Suci Galungan.


Aktifitas Umat Hindu di hari Penampahan Galungan tentunya mengalami peningkatan.Utamanya pada areal pasar yang menyediakan sarana prasarana Yadnya.


Dalam mengamankan kegiatan masyarakat tersebut, Polsek Blahbatuh menerjunkan personel Bhabinkamtibmas guna melakukan pemantauan di Pasar Desa di wilayah desa Binaannya, Selasa 3 Januari 2022.


Seijin Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K., M.H. , Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk Harkamtibmas menjaga kondusifitas agar masyarakat dapat beraktifitas dengan aman dan tertib.



"Seperti menjelang Hari Raya Galungan dengan tujuan sebagai upaya preventif mencegah kejahatan serta mengetahui ketersediaan dan harga di pasaran utamanya Bahan Pokok dan Bahan Penting" , ujarnya.


Lebih lanjut dirinya menjelaskan aktifitas di pasar tradisional masih berjalan dengan normal walau terjadi peningkatan jumlah kunjungan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hari raya, namun pelaksanaanya tetap berpegang pada protokol kesehatan.


“Kegiatan ini kami laksanakan guna memberi rasa aman pada kegiatan jual beli masyarakat, hasil pemantauan, ketersediaan Bapokting menjelang Hari Raya Galungan masih mencukupi" Tandasnya.

TerPopuler