Peduli Kesehatan Warga, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Dampingi Kegiatan Posbindu

Peduli Kesehatan Warga, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Dampingi Kegiatan Posbindu

25/01/23, Januari 25, 2023


Polda Bali - Polres Gianyar - Polsek Unud

Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga di wilayah binaannya dan ikut mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta (Polsek Ubud) Aiptu I Made Widastra melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tdak Menular (PTM) di Banjar Dauh Labak, Desa Singakerta Ubud, Kamis (26/01/2023).


Kegiatan Posbindu PTM diselenggarakan oleh Puskesmas Ubud 2 yang dilaksanakan bersama Praktek profesi Ners State Keperawatan Keluarga Komunikasi dan Geromtok Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar dan Kader Kesehatan.


Seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu. Untuk itu, melalui Posbindu PTM tersebut warga akan memperoleh pelayanan kesehatan, deteksi dini secara cepat untuk mengetahui serta menanggulangi agar tidak kronis dan mengalami komplikasi.


Bhabinkamtibmas Desa Singaketta Aiptu I Made Widastra menjelaskan, pentingnya Posbindu dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang berisiko terkena Penyakit Tidak Menular, dikarenakan seringkali warga tidak mengetahui jika mengidap penyakit tertentu.


“Adapun kegiatan Posbindu mulai dari pengecekan tensi, berat badan, tinggi badan, lingkar perut, cek kolesterol, dan gula darah,” imbuhnya.


PTM sendiri merupakan penyakit yang bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus atau bakteri, namun lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup.


Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Widastra juga memberikan pemahaman dan edukasi kepada warga tentang tujuan kegiatan Posbindu, yakni untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) utama meliputi merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol, serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan.


Dengan hadir ditengah-tengah masyarakat dan ikut berperan aktif membantu warga masyarakat, Bhabinkamtibmas Aiptu I Made Widastra berharap dapat mewujudkan visi dan misi Polri yaitu memberikan pelayanan prima untuk membangun dan mendapatkan kepercayaan dari publik.

TerPopuler