Tempa Kemampuan Dasar Prajurit, Kodim 0815/Mojokerto Fokuskan Latorsar

Tempa Kemampuan Dasar Prajurit, Kodim 0815/Mojokerto Fokuskan Latorsar

09/02/23, Februari 09, 2023


Mojokerto – Untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar prajurit, Kodim 0815/Mojokerto fokuskan latihan perorangan dasar (Latorsar). Pelaksanaan Latorsar ini diikuti seluruh prajurit TNI AD di Makodim dan Makoramil jajaran.

 


Komandan Kodim 0815/Mojokerto melalui Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0815, Lettu Inf Akhmad Rifa’i, mengatakan, Latorsar ini dilaksanakan secara terpusat dan tersebar dan berlangsung selama empat minggu, mulai minggu ketiga Januari hingga minggu kedua Februari ini.

 


Melalui Latorsar ini, para prajurit kita latihkan materi dasar yang pernah diterima saat pendidikan pertama maupun saat kecabangan, diantaranya navigasi darat, jenis-jenis patroli, pertolongan darurat untuk prajurit di lapangan, dan lain-lain.

 


”Jadi Latorsar ini untuk merefresh atau mengingat kembali materi dasar tersebut supaya para prajurit tidak lupa”, ungkap Pasi Ops saat memantau langsung jalannya latihan di Hutan Watu Blorok, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (09/02/2023).


 

Masih lanjutnya, untuk mengukur kemampuan para prajurit, setelah Latorsar ini akan diujikan melalui Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum. Kemudian sesi latihan berlanjut pada Latihan Perorangan Jabatan (Lator Jab) yang puncaknya diujikan juga melalui Uji Terampil Perorangan Jabatan (UTP Jab).

 


Ini semua rutin dilakukan disetiap triwulan pertama pada tahun anggaran berjalan. Untuk triwulan pertama tahun ini kita sesuaikan dengan kalender latihan. ”Sesuai jadwal, Lator ini dilaksanakan hingga minggu kedua bulan Maret dan diakhiri dengan latihan menembak senjata ringan”, bebernya.

 


Pantauan Tim Pendim 0815/Mojokerto di lapangan, para prajurit dengan penuh semangat dan antusias melaksanakan latihan perorangan dasar dengan bimbingan dan arahan langsung para pelatih. Selain Pasi Ops yang juga merangkap Pgs. Danramil 0815/07 Jetis, tampak pula dalam latihan ini Pasandi Sinteldim 0815 Lettu Inf Purwono, Staf Latihan dan pendukung. (Hlim,/Nit)

TerPopuler