Dialog Sapa Publik,Dandim 0907/Trk Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih.

Dialog Sapa Publik,Dandim 0907/Trk Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih.

16/08/23, Agustus 16, 2023

  


Tarakan - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C Simarmata mengimbau masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih.


"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78".


Hal tersebut diungkapkan Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C.Simarmata dalam acara Dialog Publik Sapa Kaltara dengan Tema "Menumbuhkan Rasa Nasionalisme" yang disiarkan langsung melalui Studio RRI Tarakan,Rabu(16/08/2023).


Ia mengatakan,melalui pengibaran bendera merah putih ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme atau cinta terhadap Tanah Air.

"Jangan sampai rasa cinta Tanah Air kita berkurang di tengah derasnya kemajuan zaman dan teknologi sekarang ini," ucapnya.


Dandim menambahkan,bahwa peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia adalah momentum sakral yang diperingati setiap tahunnya.


"Walaupun kita tidak mengalami bagaimana aksi heroik para pahlawan kemerdekaan dalam perjuangannya merebut kemerdekaan. Namun kita dapat belajar pada pengalaman para sesepuh kita yang masih hidup dan terlibat langsung dalam upaya perjuangan merebut kemerdekaan," ungkapnya.


Lanjutnya, pengalaman sejarah membuktikan bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dapat diwujudkan. Oleh karena itu, masyarakat seharusnya senantiasa berpikir, bersikap dan bertindak dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),tuturnya.


Ia berharap, rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat senantiasa terjaga, jangan sampai ada disintegrasi bangsa atau perpecahan.


"Apalagi saat ini kita memasuki tahun politik jangan sampai terjadi perpecahan dan permusuhan karena berbeda pilihan, kita harus senantiasa merawat persatuan dan keutuhan bangsa,",pungkasnya.


Untuk diketahui,Dialog Publik Sapa Kaltara dengan Tema "Menumbuhkan Rasa Nasionalisme" yang digagas RRI Tarakan menghadirkan Narasumber antara lain,Dandim 0907/Trk,Ketua LVRI,dan Ketua BEM Univesitas Borneo Tarakan.

TerPopuler