Kasdim 0903/Bulungan Bersama Forkopimda Hadiri Kegiatan Penanaman Pohon Serentak di Jajaran Polresta Bulungan

Kasdim 0903/Bulungan Bersama Forkopimda Hadiri Kegiatan Penanaman Pohon Serentak di Jajaran Polresta Bulungan

23/08/23, Agustus 23, 2023

  


Tanjung Selor, Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si bersama Forkopimda Kab Bulungan hadir dalam kegiatan Polresta Bulungan Polda Kaltara melakukan kegiatan Penanaman Pohon serentak dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 dengan tema Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini bertempat di Alun Alun Tanjung Palas Tengah Kab Bulungan, Rabu (23/8/2023).


Kapolresta Bulungan Kombes Pol Agus Nugraha SH,S.IK.M.H dalam sambutannya mengatakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka peringatan hari kemerdekaan republik indonesia ke-78.


Kita menyadari hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil kayu, pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen dan konservasi keanekaragaman hayati.


Kita dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan disekitar kita telah rusak. Pada musim kemarau banyaknya kejadian kebakaran hutan serta penghujan banyaknya saat musim penghujan banyaknya Musibah banjir dan tanah longsor.


Laju kerusakan hutan harus kita cegah sampai batas ambang minimal. Kita harus prihatin, bahwa hutan kita mengalami kerusakan yang sangat pesat, kondisi buruk ini tidak boleh kita biarkan dan harus kita hentikan mulai dari sekarang.


Untuk menghentikan kerusakan hutan ini maka polri secara serentak di seluruh indonesia melaksanakan penanaman pohon dengan Tema "Lestarikan negeri, penghijauan sejak dini", aksi ini dilakukan sebagai kepedulian dan polri terhadap keberlangsungan rangka memperingati hut ke-78 republik indonesia.


Penanaman pohon dipilih sebagai salah satu bentuk kontribusi polri karena pohon memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen serta mereduksi dampak perubahan iklim.


Perlu diketahui bersama, kegiatan penghijauan dan penanaman pohon ini merupakan momentum bagi seluruh anggota polri untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global dengan meningkatnya polusi kualitas udara di indonesia.


Kepedulian merupakan investasi yang akan diwariskan kepada anak dan cucu mendatang, oleh karena itu kegiatan penanaman yang dilakukan bukan sekedar seremonial dan berlangsung satu hari saja namun akan terus dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan agar dapat kita nikmati bersama.


Lebih lanjutnya mengajak kepada seluruh tokoh agama, masyarakat, pemuda dan seluruh tamu undangan yang hadir agar bersama sama mulai peduli dengan lingkungan sekitar, mulai dari kebersihan, penghijauan dan penanaman pohon agar mencegah terjadinya masalah pada lingkungan dimasa depan. Saya berharap kegiatan selanjutnya seluruh stakeholder dapat ikut mendapatkan mendatang. Bersinergi manfaatnya agar di kita masa mendatang.


Sementara itu Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si selesai kegiatan mengatakan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polresta Bulungan yang sangat peduli akan pentingnya lingkungan dan melestarikan alam sehingga terlaksana kegiatan penanaman pohon serentak dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78.


Lebih lanjutnya berharap penanaman pohon tersebut dapat bermanfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan upaya penghijauan sejak dini. Semoga penanaman pohon-pohon ini akan jadi awal dari penghijauan yang kita harapkan di masa depan.

TerPopuler