Kegiatan Si-Ipar Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Dogiyai

Kegiatan Si-Ipar Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Dogiyai

18/08/23, Agustus 18, 2023

 


Jayapura – Anggota Satgas Binmas Ops Rasaka Cartenz-2023 menyelenggarakan kegiatan Si-Ipar atau Polisi Pi Ajar di Kampung Kigamani, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, pada Kamis (17/8/2023).


Program Si Ipar, yang dijalankan oleh Satgas Binmas Ops Rasaka Cartenz, bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Hal ini penting mengingat bahwa IPM Kabupaten Dogiyai pada tahun 2022 masih tergolong rendah, yakni di bawah 60.


Dalam kegiatan tersebut, Bripda Yarius Magay turut serta dalam memberikan materi pembelajaran kepada anak-anak yang telah putus sekolah atau belum mendapatkan akses pendidikan.


Dirinya menjelaskan bahwa melalui program Si Ipar, kepolisian berperan dalam membantu pemerintah daerah mengurangi tingkat buta huruf, khususnya di kalangan anak-anak. Selain itu, kehadiran kepolisian juga dapat ikut berkontribusi dalam peningkatan IPM di Dogiyai.


Para pendidik menggunakan pendekatan bernyanyi untuk mengenalkan abjad kepada anak-anak, sehingga mempermudah proses penghafalan. "Kami mengajarkan konsep abjad melalui bermain dan bernyanyi. Anggota kami telah dilatih untuk mendekati anak-anak usia dini dengan cara yang menghibur," ungkapnya.


Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menyatakan bahwa Program Si Ipar yang dijalankan secara konsisten dan terjadwal memiliki potensi untuk memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak di wilayah tersebut agar lebih antusias dalam belajar dan meningkatkan kemampuan mereka, terutama bagi mereka yang kurang mendapatkan layanan pendidikan.


"Harapannya, melalui kegiatan ini, kemajuan dan potensi yang dimiliki anak-anak dapat terstimulasi dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di masa depan," tutup Kasatgas Humas.



Jayapura, 18 Agustus 2023



Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

TerPopuler