Minta Dukungan Dalam Penanganan, Kabid Humas: Video Kekerasan Oleh KKB Masih Kami Dalami

Minta Dukungan Dalam Penanganan, Kabid Humas: Video Kekerasan Oleh KKB Masih Kami Dalami

26/08/23, Agustus 26, 2023

 



Jayapura – Masyarakat di Papua dikejutkan oleh tersebarnya sebuah video yang menunjukkan tindakan kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap warga sipil. Video ini telah menjadi viral dan memicu keprihatinan serta reaksi keras dari berbagai pihak.


Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, dalam tanggapannya mengonfirmasi adanya penyebaran video kekerasan yang dilakukan oleh KKB terhadap warga, Sabtu (26/8).


Menurut Kombes Pol Ignatius Benny, video tersebut menunjukkan tindakan tidak manusiawi yang sangat disayangkan, terutama dalam kasus kekerasan terhadap seorang Wanita.


Dalam video berdurasi singkat, yaitu 25 detik dan 53 detik, terlihat anggota kelompok tersebut melakukan tindakan kekerasan dengan cara menendang korban yang diperintahkan untuk duduk dalam posisi berkelompok. Kekerasan yang diperlihatkan dalam video tersebut mendapat kecaman tajam sebagai pelanggaran hak asasi manusia dan norma kemanusiaan.


"Sungguh tindakan yang tidak manusiawi yang diperlihatkan oleh KKB terhadap warga. Kami merasa prihatin atas kejadian ini dan sedang berupaya keras untuk mengungkap lokasi serta identitas para pelaku," kata Kombes Pol Ignatius Benny.


Lebih lanjut, Kabid Humas Polda Papua menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan secara mendalam dengan menganalisis jejak digital dari video tersebut. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pelaku serta mengumpulkan bukti yang cukup untuk memproses hukum terhadap mereka.


Kombes Pol Ignatius Benny juga menekankan komitmen Polda Papua dalam menegakkan hukum tanpa pandang bulu. 


"Kami tetap berkomitmen bahwa siapa saja yang melakukan tindakan melawan hukum akan kami proses sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku," tegasnya.


Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 


"Kami meminta kepada warga untuk tidak mudah terprovokasi oleh orang-orang yang ingin menciptakan ketidakstabilan. Mari kita bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan ekonomi dan kesejahteraan di Papua," tambahnya.


Kejadian ini mengingatkan semua pihak akan eskalasi situasi di Papua yang membutuhkan penanganan serius. Semua tindakan yang merugikan masyarakat dan stabilitas harus diberantas secara tegas dan adil.


Jayapura, 26 Agustus 2023


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

TerPopuler