Babinsa Menjadi Pembina Upacara Pramuka Pembukaan Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) SMPN 4 Tpu

Babinsa Menjadi Pembina Upacara Pramuka Pembukaan Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) SMPN 4 Tpu

22/09/23, September 22, 2023


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-4/Tpu Babinsa Serda Manalu melaksanakan kegiatan sebagai Pembina upacara Pramuka Pembukaan Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) bertempat di SMPN 4 Tpu Desa Ruhui Rahayu Kec. Tanjung Palas Utara, Jumat (22/9/2023).


Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) adalah salah satu kegiatan yang sangat dinantikan oleh para Pramuka di berbagai wilayah. Acara ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi anak-anak muda untuk merasakan kehidupan alam, belajar keterampilan survival, tetapi juga mempererat persaudaraan di antara mereka. Dalam setiap PERJUSA, pembukaan acara memiliki makna dan ritual tersendiri. Salah satu momen yang paling berkesan dalam pembukaan PERJUSA adalah saat Babinsa (Bintara Pembina Desa) dipercaya sebagai Pembina Upacara.


Serda Manalu mengatakan dalam perannya sebagai Pembina Upacara, Babinsa memiliki tanggung jawab yang besar untuk memimpin pembukaan PERJUSA dengan khidmat dan semangat kepramukaan. 


Pembukaan PERJUSA bukan sekadar seremoni formal, tetapi juga merupakan momen untuk menanamkan nilai-nilai kepramukaan kepada para peserta. Dalam pidato pembukaan, Babinsa sering kali menyampaikan pesan tentang semangat kebersamaan, keberanian, kemandirian, dan cinta alam.


Babinsa juga berperan dalam mengevaluasi kesiapan peserta PERJUSA sebelum mereka memulai petualangan di alam terbuka. Mereka memastikan bahwa semua peralatan dan persiapan telah dilakukan dengan baik untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan peserta selama perkemahan.


Selain itu, Babinsa juga berperan sebagai contoh nyata tentang dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam banyak kasus, mereka menghabiskan waktu bersama peserta PERJUSA untuk memberikan wawasan, keterampilan, dan pengalaman mereka. Ini adalah momen penting di mana para peserta dapat belajar tidak hanya tentang kehidupan alam, tetapi juga nilai-nilai kedisiplinan dan kepemimpinan dari seorang Babinsa.


Babinsa menekankan pentingnya Pramuka dan PERJUSA sebagai wahana untuk membentuk generasi muda yang tangguh, berjiwa pemimpin, dan cinta alam. Mereka berharap bahwa melalui peran mereka sebagai Pembina Upacara, peserta PERJUSA akan terinspirasi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, lebih bermakna, dan lebih peduli terhadap lingkungan.


Pembina Upacara Pramuka dalam pembukaan PERJUSA adalah contoh yang nyata tentang bagaimana pihak militer dapat berperan dalam mendukung pembentukan karakter generasi muda. Dengan semangat kepramukaan dan kepemimpinan Babinsa, diharapkan bahwa Pramuka dan PERJUSA akan terus menjadi sarana penting dalam pembentukan generasi masa depan yang lebih baik untuk bangsa dan negara.

TerPopuler