Didampingi Dandim 0907/Trk,Danlantamal XIII Tarakan Lepas Tim Ekspedisi Maritim 2023 Menuju IKN.

Didampingi Dandim 0907/Trk,Danlantamal XIII Tarakan Lepas Tim Ekspedisi Maritim 2023 Menuju IKN.

06/09/23, September 06, 2023

  


Tarakan - Pelepasan Ekspedisi Maritim 2023 dilakukan Danlantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Deni Herman didampingi Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C Simarmata,di halaman Gedung Islamic Center. Tarakan,Rabu (6/9/2023).


Pelepasan Ekspedisi Maritim 2023 menuju IKN (Ibu Kota Negara) ini dalam rangkaian kegiatan HUT  ke-78 TNI AL .Laksamana Pertama TNI Deni Herman mengatakan,bahwa kegiatan Ekspedisi Maritim 2023 dilakukan dalam mencari sesuatu yang baru bagi TNI AL.

Ekspedisi Maritim 2023 menuu IKN dibentuk dua tim. Tim merah dari Tarakan dan  tim putih ada dari Pontianak.


"Rute yang dilalui tim merah nanti dari Tarakan menyeberang ke Tanjung Selor, Berau, Sangatta, kemudian ke Balikpapan.sedangkan

Tim putih dari Pontianak saat ini sudah bergerak menuju Balikpapan. Rute yang dilaluinya mulai dari Pontianak, kemudian Ketapang, Singkawang, Kumai Banjarmasin.

"Nanti kedua tim merah dan tim putih bertemu di Balikpapan," ucap Danlantamal XIII Tarakan.


Ia mengungkapkan, secara filosofis ekspedisi itu berarti membawa sesuatu berharga yang akan diambil atau disampaikan dalam satu perjalanan ekspedisi terkait kejayaan maritim di Kalimantan.

Kaitannya dengan tugas TNI AL tentunya adalah melaksankaan tugas dalam rangka wilayah pertahanan dan yang terpenting adalah komitmen mendukung kegiatan pemerintah yang sudah dicanangkan dalam hal ini menjadikan Indonesia sebagai force maritim.


Nantinya ada dilaksanakan baksos, sosialisssi beberapa bidang kelautan, hingga panggung hiburan saat dua tim bertemu di Balikpapan. Yang paling penting mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan IKN. Sehingga diseleaaikan semua kegiatan ini di Balikpapan khususnya rencana pemindahan IKN sebagai komitmen kita bahwa di TNi mendukung kebijakan pemerintah," ungkapnya.


Tentunya lanjut Danlantamal XIII Tarakan, kegiatan ini sekaligus membangun kepada masyarakat yang disinggahi diharapkan bisa menyadari pentingnya sejarah nilai filosofis yang diambil.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat dan komunitas kendaraan roda empat dan dua berkenan hadir," ungkapnya.


Sementara itu Dandim 0907/Trk Letkol Kav Jhon B.C Simarmata menambahkan bahwa Ekspedisi Maritim 2023 adalah sebuah perjalanan yang dibentuk oleh TNI AL di wilayah Kalimantan untuk membangkitkan semangat maritim sebagai salah satu upaya pembinaan territorial matra laut dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) serta dapat menggali dan menemukan Sejarah-sejarah kejayaan TNI AL di masa lampau di route-route yang dilalui,ucapnya.


Kegiatan yang dilaksanakan TNI AL dalam memperingati HUT-nya yang ke-78 tentunya sarat akan pesan,imbuhnya.


Lanjutnya,Keterkaitan dengan tugas dalam Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut serta mendukung visi Pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,dan merupakan pesan mulia yang akan disampaikan di sepanjang perjalanan,jelasnya.

TerPopuler