Peran Babinsa Koramil Tanjung Palas Timur Dalam Pendampingan Petani Panen Padi

Peran Babinsa Koramil Tanjung Palas Timur Dalam Pendampingan Petani Panen Padi

08/09/23, September 08, 2023

  


Tanjung Selor, Panen padi adalah salah satu momen penting dalam siklus pertanian, dan peran Babinsa (Bintara Pembina Desa) dalam pendampingan petani pada tahap ini sangatlah krusial, seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0903-07/Tanjung Palas Timur Kopka Sopyan Majidi melaksanakan pendampingan petani dalam panen padi bertempat di Desa Sajau Hilir Kec Tanjung Palas Timur, Jumat (8/9/2023).


Kopka Sopyan Majidi mengatakan Babinsa berperan dalam memberikan edukasi kepada petani mengenai teknik-teknik modern dalam panen padi. Mereka membantu petani untuk memahami praktik-praktik terbaik dalam hal penanaman, perawatan, dan panen padi. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hasil panen dan mengurangi kerugian.


Selain memberikan pengetahuan teknis, Babinsa juga membantu dalam hal koordinasi dan logistik. Mereka dapat membantu mengatur transportasi, penyimpanan, dan distribusi hasil panen. Ini penting untuk memastikan bahwa hasil panen padi dapat mencapai pasar dengan cepat dan dalam kondisi yang baik.


Lebih lanjutnya, kami juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses panen padi. Mereka dapat membantu dalam mengatasi masalah seperti pencurian hasil panen atau konflik antara petani. Keamanan yang terjamin adalah faktor penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian.


Tidak hanya memberikan bantuan fisik, tetapi juga berperan dalam pemberdayaan petani. Mereka membantu petani untuk memahami hak dan kewajiban mereka serta memberikan informasi mengenai program-program pemerintah yang dapat mendukung pertanian, seperti subsidi pupuk atau bantuan alat pertanian.


Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa sangatlah penting dalam memastikan keberhasilan panen padi. Dengan pengetahuan, koordinasi, dan dukungan yang mereka berikan, petani memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai hasil panen yang optimal. Selain itu, peran Babinsa juga menciptakan hubungan positif antara TNI dan masyarakat setempat, yang dapat meningkatkan kualitas hidup di pedesaan dan mendukung pembangunan nasional.

TerPopuler