Upaya Polri Dalam Mengatasi Hipertensi dan ISPA di Daerah Terpencil Papua Tengah

Upaya Polri Dalam Mengatasi Hipertensi dan ISPA di Daerah Terpencil Papua Tengah

09/09/23, September 09, 2023

 


Jayapura – Tim kesehatan Polri yang aktif terlibat dalam Operasi Rasaka Cartenz 2023 terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, Minggu (9/9/2023). Dimana Bripda Muhammad Satrio Adi, A.md.Kep, kembali menjalankan Program Keladi Sagu di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.


Program Keladi Sagu ini adalah inisiatif Polri yang bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang seringkali kesulitan dalam mendapatkan perawatan medis.


Tim kesehatan Polri melakukan kunjungan rumah ke rumah warga dengan memberikan layanan kesehatan gratis, dengan fokus pada penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), dan masalah stunting.


Dalam kunjungannya, tim kesehatan Polri memberikan perhatian istimewa kepada dua warga, yaitu Yomina Murib, seorang wanita berusia 45 tahun yang mengalami sakit Hipertensi dan Yan Alom, seorang pria berusia 55 tahun yang mempunyai keluhan kesehatan yakni ISPA. 


Bripda Satrio dengan penuh kepedulian memberikan perawatan yang sesuai untuk mengurangi keluhan kesehatan yang dialami keduanya.


"Selain memberikan pengobatan, kami juga memberikan saran agar keduanya beristirahat yang cukup dan menghindari aktivitas berat untuk mencegah memburuknya kondisi kesehatan mereka," ungkap Bripda Satrio.


Sementara itu, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, selaku Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz, menjelaskan bahwa Program Keladi Sagu ini adalah langkah konkret Polri dalam mendukung upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per akhir tahun 2022 menunjukkan bahwa Kabupaten Puncak masih memiliki angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tergolong rendah, dengan angka di bawah 60.


"Dengan penerapan Program Keladi Sagu ini, kami berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah ini," ungkapnya.


Ia menambahkan, misi kemanusiaan Bripda Satrio dan timnya menjadi tindakan nyata Polri dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di daerah terpencil seperti Kampung Kago, Papua Tengah.

TerPopuler