Peran Babinsa Dalam Mencegah Stunting, Memberikan Bantuan Telur kepada Anak Balita

Peran Babinsa Dalam Mencegah Stunting, Memberikan Bantuan Telur kepada Anak Balita

09/09/23, September 09, 2023

  


Tanjung Selor, Salah satu aspek penting dalam peran Babinsa adalah membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas gizi, terutama pada anak-anak balita. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 0903-06/Tanjung Selor Sertu Kornelis Yarangga memberikan bantuan telur kepada anak balita upaya pencegahan stunting di wilayah Kec Tanjung Selor, Sabtu (9/9/2023).


Stunting adalah masalah kesehatan global yang serius, terutama di negara-negara berkembang. Stunting terjadi ketika anak-anak tidak tumbuh dengan baik dan tidak mencapai tinggi badan yang seharusnya sesuai usia mereka. Masalah ini dapat berdampak serius pada perkembangan fisik dan kognitif anak-anak, mempengaruhi masa depan mereka secara keseluruhan. Salah satu upaya pencegahan stunting yang inovatif dan efektif adalah melibatkan Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang memberikan bantuan telur kepada anak balita.


Mengapa telur menjadi fokus dalam pencegahan stunting, Telur adalah sumber protein yang kaya dan nutrisi esensial lainnya seperti vitamin D, kolin, dan selenium. Protein dan nutrisi-nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada anak-anak. Selain itu, telur juga terjangkau secara ekonomis dan dapat dengan mudah diakses di sebagian besar daerah pedesaan.


Sertu Kornelis Yarangga mengatakan Inisiatif yang dilakukan oleh Babinsa adalah Babinsa berperan sebagai pendamping bagi ibu-ibu di desa mereka. Mereka memberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang dan memberikan saran tentang cara memasukkan telur dalam makanan sehari-hari anak-anak.


Babinsa juga membantu dalam memantau pertumbuhan anak-anak balita di desa mereka. Dengan mengamati perkembangan fisik anak-anak secara rutin, mereka dapat mendeteksi tanda-tanda stunting lebih awal dan memberikan intervensi yang diperlukan.


Program ini bukan hanya tentang memberikan telur kepada anak-anak balita, tetapi juga tentang memberdayakan masyarakat untuk memahami pentingnya gizi dan nutrisi dalam perkembangan anak-anak. Dengan melibatkan Babinsa dalam upaya ini, tercipta sinergi yang kuat antara militer dan masyarakat dalam mencegah stunting.


Dalam upaya mencegah stunting, setiap langkah kecil seperti memberikan telur kepada anak-anak balita dapat memiliki dampak besar pada kesehatan dan masa depan generasi yang akan datang. Babinsa adalah salah satu pilar yang membantu mengubah situasi ini menjadi lebih baik, dengan harapan mengurangi stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di desa-desa di seluruh negeri.

TerPopuler