Patroli Sambang, Upaya Rutan Grogot perketat Keamanan

Patroli Sambang, Upaya Rutan Grogot perketat Keamanan

13/10/23, Oktober 13, 2023

  


Tanah Grogot - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot terus meningkatkan pengawasan Keamanan dengan melakukan Patroli Sambang.


Patroli Sambang sendiri merupakan hasil kolaborasi Antara Rutan Tanah Grogot dengan Aparat Penegak hukum terkait.


Diantaranya seperti Polres Paser, Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor, dan Kodim 0904 Paser yang beberapa waktu terakhir rutin melakukan patroli dan pengawasan di Rutan.


Kepala Rutan Tanah Grogot Bayu Muhammad mengatakan Patroli Sambang ini merupakan upaya preventif untuk menciptakan suara selalu aman dan kondusif.


" Patroli Sambang ini sangat membantu penanganan gangguan keamanan dan ketertiban di sini , mengingat jumlah personil kami yang terbatas," terang Bayu, Jum'at (13/10/23).


Keterbatasan jumlah personil dan Sarana Prasarana kata Bayu, berbanding terbalik dengan kondisi Over kapasitas yang terjadi di dalam Rutan, hal itu mengharuskan Jajaran Pemasyarakatan untuk terus  jalin Kolaborasi.


" Terlebih kita juga mendapat apresiasi dan Stimulus dari pimpinan Kantor Wilayah karena  Rutan Grogot selalu kondusif dalam beberapa tahun terkahir, saya sangat bersyukur dan ini membuktikan Komitmen dan sinergitas kami dengan APH sangat baik," lanjutnya.


Hal yang sama juga disampaikan Kepala Kesatuan Keamanan Ahmad Zaki, pihaknya gencar lakukan Deteksi Dini untuk mencegah masuknya barang terlarang yang dapat membahayakan keamanan sekitar.


" Deteksi terus kita lakukan secara intens mulai dari Razia dan Test Urine dadakan baik warga binaan maupun seluruh petugas tanpa terkecuali" tegasnya.


Sementara itu Kapolres Paser melalui Kasat Samapta AKP Hermawan menyambut baik hal ini, ia menuturkan menciptakan Keamanan masyarakat juga merupakan bagian Kepolisian, untuk itu pihaknya selalu berupaya dan bersinergi agar Kabupaten Paser selalu aman dan kondusif.


"Ini merupakan wujud Sinergitas kami dan Kerjasama kami dengan Rutan, terlebih Rutan merupakan salah satu Objek Tertentu yang akan menjadi Rute Patroli kami setiap harinya, bahkan apabila sewaktu waktu terjadi gangguan keamanan di sana (Rutan) personil kami siap 24 jam," kata AKP Hermawan dalam keterangannya kepada Tim Humas, Jum'at (13/10/23).


Kepala Rutan Bayu Muhammad pun memberikan apresiasi setinggi tingginya atas kolaborasi dan kerjasama yang baik dengan Rutan Tanah Grogot, ia berharap Unit Pelaksanaan Teknis Pemasyarakatan di Bumi Daya Taka itu selalu kondusif dengan mengedepankan Pelayanan Prima dan program unggulan yang ada. (Red/Tr).

TerPopuler