Babinsa Muser Hadiri Kegiatan Bulan Bahasa Dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Babinsa Muser Hadiri Kegiatan Bulan Bahasa Dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda

02/11/23, November 02, 2023

  


Kodim 0904/Paser, Kecamatan Muara Samu. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, SMAN 1 Muser merayakan Festival Bulan Bahasa dengan menggelar lomba bertema “Persatuan Bangsa Untuk Pemuda Yang Berkarakter" yang diselenggarakan di Aula SMAN 1 Muser Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser. Kamis (2/11/2023)


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Sekolah SMA 1 Muser Bapak Fauji, S.Pd, Ketua Komite Bapak Asmadi, Babinsa Muser Serka Selamat, Bhabinkamtibmas Aipda Ahmad Sanusi beserta, perwakilan PT. Petrose Bapakk Muhamad Aini, perwakilan Pukesmas Muara Samu Ibu Dwi beserta tamu undangan.


Adapun hadir pula Peserta Para Pelajar SMAN 1 Muser yang akan meramaikan pertandingan ini dan dapat mengerti makna dari Sumpah Pemuda.


Lomba yang dipertandingkan SMAN 1 Muser dalam rangka memperingati Bulan Bahasa ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan literasi dan kompetensi siswa di bidang Bahasa dan Sastra, serta menumbuhkan rasa patriotisme dan persatuan dalam kebhinekaan.


Sejak awal bulan Oktober siswa telah diwajibkan mengunjungi Perpustakaan. Siswa disuguhi literasi visual dimana literasi tidak hanya terbatas pada kata-kata, tetapi juga melibatkan elemen-elemen visual yang menggugah daya kreatifitas dan pengalaman yang lebih seru. 


Selain itu, siswa juga diajak untuk mendalami sejarah lokal dengan mengikuti lomba menghafal Biografi Pahlawan dari Kabupaten Paser. Lomba ini memberikan kesempatan bagi siswa-siswa untuk lebih mengenal perjuangan para pahlawan daerah mereka. 


“Festival Bulan Bahasa tahun ini bukan sekedar ajang perlombaan, namun juga merupakan wujud apresiasi terhadap keberagaman bahasa dan budaya di Indonesia. Kami ingin menginspirasi para generasi muda agar tetap mencintai dan melestarikan bahasa ibu dan literasi,” ujar Fauji, M.Pd Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Muser.


Semoga kegiatan ini dapat membangkitkan semangat kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta meningkatkan apresiasi terhadap warisan budaya dan sejarah bangsa, Babinsa Muser Serka Selamat menambahkan.


Dim 0904/Psr

TerPopuler