Dandim 0907/Trk Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024.

Dandim 0907/Trk Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024.

08/11/23, November 08, 2023

 


Tarakan - Dandim 0907/Trk Letkol kav Jhon B.C.Simarmata memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan Pemilu serentak tahun 2024, yang digelar di lapangan Makodim, Rabu (8/11).


Apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh sejumlah personel TNI, Polres Tarakan, Satpol PP, serta beberapa dinas terkait lainya.


Dalam kesempatan tersebut Dandim Letkol Kav Jhon B.C Simarmata Mengatakan,sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kesiapan pasukan dalam mengamankan pelaksanaan pemilu yang akan datang adalah hal yang sangat penting untuk kita jaga dan pelihara.


"Menjaga keamanan dan kelancaran proses pemilu ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus diembang dengan profesionalisme dan penuh tanggung jawab",ucapnya.


Saat ini lanjutnya,kita berada di ambang pemilu serentak yang akan menentukan masa depan bangsa."Tugas kita adalah memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung dengan aman,damai,dan adil",ungkapnya.

Apabila ditinjau dari aspek geografis,demografis dan kondisi sosial,Kota tarakab meliki potensi kerawanan ditinjau dari beberapa aspek.untuk itu kita perlu tetap siaga dan selalu waspada apabila terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

"saya tegaskan bahwa pengamanan pemilu bukan hanya tugas Pemerintah ,TNI - Polri maupun Instansi terkait semata,Namun kita semua harus menyadari bahwa pengamanan Pemilu merupakan tanggung jawab kita bersama",jelasnya.

Ia menambahkan,bahwa kami dari Kodim 0907/Trk Khususnya bersama dengan seluruh pihak terkait berkomitmen untuk memberikan dukungan seoptimal mungkin demi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu diwilayah Kota Tarakan.


Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam Pemilu nantinya, Kodim pun telah terintegrasi dengan kepolisian dan langkah-langkah prefentif sudah dituangkan dalam protap keamanan yang telah dituangkan.


“Kita sudah antisipasi semua nya, dan kuga juga ada kepolisian dan untuk bersama melakukan antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan,”tegasnya.


Dandim sekali lagi menegaskan agar seluruh prajurit tetap berpegang teguh terhadap komitmen netralitas TNI. Tidak memihak pada suatu kubu dan tidak melakukan tindakan politik praktis.


“Prajurit harus komitmen dan jaga netralitas TNI. Saat pengamanan nanti laksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, dengan tetap mengedepankan humanis kepada masyarakat",pungkasnya.

TerPopuler