Komandan Kodim 0903/Bulungan Pimpin Apel Gelar Kompi Produksi Tahun 2023

Komandan Kodim 0903/Bulungan Pimpin Apel Gelar Kompi Produksi Tahun 2023

17/11/23, November 17, 2023

  


Tanjung Selor, Kodim 0903/Bulungan laksanakan Apel Gelar Kompi Produksi tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP bertempat di Lapangan Upacara Kodim 0903/Bulungan, Jalan Kolonel Soetadji Kel Tanjung Selor Hilir, Kec Tanjung Selor Kab Bulungan, Jumat (17/11/2023).


Komandan Kodim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan kegiatan ini merupakan Petunjuk dari Komando atas tentang pembentukan satuan produksi yang terdiri dari Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kesehatan Dan Konstruksi.


Dari Petunjuk Komando Atas Tersebut Kodim 0903/Bulungan menindak lanjuti perintah tentang pembentukan satuan produksi di Kodim 0903/Bulungan walaupun satuan yang di bentuk masih bersifat kerangka.


Tugas pokok TNI adalah menegakkan Kedaulatan Negara, mempertahankan Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan.


Tugas pokok yang dimaksud antara lain OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang) yang salah satunya adalah, membantu pemerintah daerah.


Tujuan dengan dibentuknya satuan produksi dapat membantu pemerintah daerah dalam rangka ikut mensejahterakan masyarakat yang pada akhirnya terbentuk wilayah pertahanan darat yang kuat.


Satuan produksi yang melibatkan sektor-sektor kunci ini diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menggerakkan perekonomian lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bulungan. Langkah ini sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan yang memanfaatkan potensi sumber daya lokal secara optimal.


Dalam era di mana keterlibatan masyarakat menjadi kunci keberhasilan pembangunan, integrasi sektor Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kesehatan, dan Konstruksi menjadi langkah progresif. Pembentukan satuan produksi ini bukan hanya sekadar menggabungkan sektor-sektor tersebut, tetapi juga merancang strategi kolaboratif untuk memastikan keberlanjutan dan produktivitas yang berkelanjutan.


Sektor Pertanian akan fokus pada peningkatan hasil produksi dan keberlanjutan lingkungan, sementara sektor Peternakan akan diarahkan pada pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat. Seiring itu, sektor Perikanan akan berkontribusi dalam menyediakan sumber daya laut yang berkelanjutan.


Dalam hal Kesehatan, satuan produksi ini akan memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan masyarakat. Penguatan sistem kesehatan lokal, edukasi kesehatan, dan upaya pencegahan penyakit akan menjadi fokus utama.


Terakhir, sektor Konstruksi akan berperan dalam pengembangan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan ini tidak hanya mencakup fisik, tetapi juga peningkatan aksesibilitas dan konektivitas wilayah.


Pembentukan satuan produksi Kodim 0903/Bulungan ini mencerminkan komitmen untuk menciptakan ekosistem pembangunan yang seimbang dan berkelanjutan. Melalui sinergi sektor-sektor strategis, diharapkan dapat terwujudnya perubahan positif yang merasuk ke berbagai lapisan masyarakat Bulungan.

TerPopuler