Pendampingan Babinsa Serda Manalu dalam Membersihkan Hama Rumput Tanaman Padi Gunung

Pendampingan Babinsa Serda Manalu dalam Membersihkan Hama Rumput Tanaman Padi Gunung

02/11/23, November 02, 2023

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-04/Tpu Babinsa Serda Manalu melaksanakan Pendampingan membantu Petani membersihkan hama rumput tanaman Padi Gunung di ladang milik Bapak Majen bertempat di Desa Ruhui Rahayu, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kamis (2/11/2023).


Pendampingan petani dalam proses pertanian merupakan salah satu tugas penting yang diemban oleh Babinsa (Bintara Pembina Desa) dalam Koramil 0903-04/Tpu. Serda Manalu, salah satu anggota Koramil tersebut, baru-baru ini melaksanakan pendampingan dan membantu petani membersihkan hama rumput tanaman padi gunung di ladang milik Bapak Majen di Desa Ruhui Rahayu, Kecamatan Tanjung Palas Utara.


Pertanian adalah tulang punggung ekonomi di banyak daerah pedesaan di Indonesia, dan padi gunung adalah salah satu tanaman utama yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Namun, petani sering kali menghadapi berbagai tantangan dalam usaha pertanian mereka, salah satunya adalah masalah hama rumput yang dapat merusak tanaman padi dan mengurangi hasil panen.


Serda Manalu, sebagai seorang Babinsa yang bertugas di daerah tersebut, senantiasa siap membantu petani setempat mengatasi masalah yang mereka hadapi. Pada kesempatan ini, Serda Manalu menerima laporan dari Bapak Majen tentang masalah hama rumput yang mengganggu pertumbuhan tanaman padi gunung di ladangnya. Tanaman padi yang seharusnya tumbuh subur terancam oleh pertumbuhan rumput liar yang dapat menguras sumber daya tanah dan nutrisi yang seharusnya tersedia untuk tanaman padi.


Dengan cepat, Serda Manalu merespons panggilan Bapak Majen dan segera mengunjungi ladangnya. Dia bekerja sama dengan petani untuk membersihkan hama rumput yang mengganggu, mengajarkan mereka teknik-teknik bercocok tanam yang lebih efisien, dan memberikan saran tentang cara menjaga kebersihan ladang.


Selain membersihkan rumput liar, Serda Manalu juga memberikan informasi tentang penggunaan pupuk yang tepat, menjelaskan pentingnya irigasi yang baik, dan memberikan edukasi tentang praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan. Dengan pengetahuan dan bantuan dari Serda Manalu, petani di ladang Bapak Majen dapat meningkatkan hasil panen mereka dan mengurangi dampak hama rumput yang merugikan.


Kerja keras Serda Manalu dalam membantu petani setempat adalah contoh nyata dari peran yang penting yang dimainkan oleh Babinsa dalam mendukung pembangunan pertanian di daerah pedesaan. Melalui pendampingan dan kerja sama erat dengan masyarakat setempat, mereka membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan memastikan ketahanan pangan di wilayah tersebut tetap terjaga.


Dalam era modern ini, kerja sama seperti yang dilakukan oleh Serda Manalu sangat diperlukan untuk mencapai pertumbuhan pertanian yang berkelanjutan dan menjaga mata pencaharian petani. Semoga upaya Serda Manalu dan para Babinsa lainnya terus memberikan manfaat yang besar bagi petani dan masyarakat di wilayah mereka.

TerPopuler