Pendampingan Babinsa dan Aparat Desa dalam Pengukuran dan Pemetaan Lahan Lapas

Pendampingan Babinsa dan Aparat Desa dalam Pengukuran dan Pemetaan Lahan Lapas

02/11/23, November 02, 2023

 


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-06/Tanjung Selor Babinsa Desa Jelarai Sertu Baco Ardi bersama Aparat Desa Jelarai melaksanakan pendampingan Kepala Lapas Berau bapak Dadang dan BPN Kab Bulungan bapak Salemon dalam kegiatan Pengukuran dan pemetaan lahan yang akan dibangun (Lapas) Lembaga Pemasyarakatan dengan luas lahan 10 Ha bertempat di Jalan Poros Berau Jalan Ahmad Yani Desa Jelarai Kec Tanjung Selor, Kab Bulungan, Kamis (2/11/2023).


Di Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, menjadi saksi dari kolaborasi penting antara berbagai pihak dalam upaya memetakan dan mengukur lahan yang akan digunakan untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dengan luas lahan mencapai 10 hektar. Kegiatan ini melibatkan Sertu Baco Ardi, seorang Babinsa dari Koramil 0903-06/Tanjung Selor, bersama dengan Aparat Desa Jelarai, Kepala Lapas Berau Bapak Dadang, dan perwakilan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bulungan, yaitu Bapak Salemon.


Pemetaan dan pengukuran lahan adalah tahap awal yang sangat penting dalam proses pembangunan Lapas yang baru. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lokasi yang dipilih sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta memastikan bahwa lahan tersebut memadai untuk keperluan Lapas yang akan dibangun.


Sertu Baco Ardi, sebagai seorang Babinsa yang bertugas di wilayah tersebut, turut serta dalam pendampingan ini untuk memastikan kelancaran dan keamanan kegiatan tersebut. Ia juga membantu dalam hal koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat. Dalam kegiatan ini, Bapak Dadang dari Lapas Berau dan Bapak Salemon dari BPN Kabupaten Bulungan berperan sebagai ahli yang bertanggung jawab atas proses pengukuran dan pemetaan lahan tersebut.


Proses ini melibatkan penggunaan peralatan khusus, seperti alat pengukur dan pemetaan, serta penandaan yang akurat untuk menentukan batas lahan yang akan digunakan. Sertu Baco Ardi dan Aparat Desa Jelarai memastikan keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung, sehingga proses pengukuran dapat dilaksanakan dengan lancar.


Hasil dari kegiatan ini akan menjadi dasar penting dalam perencanaan dan perizinan pembangunan Lapas di wilayah tersebut. Diharapkan bahwa dengan kerja sama yang baik antara Babinsa, Aparat Desa, Lapas Berau, dan BPN Kabupaten Bulungan, pembangunan Lapas yang baru ini akan berjalan sesuai dengan peraturan dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan penegakan hukum di daerah tersebut.


Kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah contoh nyata dari semangat gotong royong dan peran positif yang dimainkan oleh aparat desa dan TNI dalam mendukung pembangunan masyarakat dan lembaga-lembaga yang penting bagi negara. Semoga pembangunan Lapas dapat berjalan sukses dan bermanfaat bagi seluruh komunitas setempat.

TerPopuler