Pimpin Donor Darah, Karo SDM Polda Papua: 100 Kantong Darah untuk Warga Jayapura

Pimpin Donor Darah, Karo SDM Polda Papua: 100 Kantong Darah untuk Warga Jayapura

02/11/23, November 02, 2023

 


Jayapura – Biro SDM Polda Papua menggelar kegiatan donor darah yang berlokasi di Aula Rastra Samara Polda Papua Lama, Kamis (2/11/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Karo SDM Polda Papua, Kombes pol I Wayan Gede Ardhana, S.I.K., yang juga menjabat sebagai Ketua Tim, Kabag Dalpers Biro SDM Polda Papua AKBP Penri, Ketua PMI Kota Jayapura Dr. Rustan Saru, M.M, para panitia donor darah dan personel yang terlibat.


Tahapan pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pendaftaran peserta donor darah, pengecekan berat badan, pengecekan tensi dan kadar hemoglobin, serta pendonoran darah oleh peserta dengan bantuan tim medis dari PMI Kota Jayapura.


Karo SDM Polda Papua, Kombes pol I Wayan Gede Ardhana, S.I.K., yang juga menjadi Ketua Tim, menyampaikan tujuan penting dari kegiatan ini. 


Ia mengungkapkan bahwa kebutuhan akan darah di wilayah Papua cukup tinggi, terutama karena sering terjadi kecelakaan lalu lintas dan banyak pasien yang membutuhkan transfusi darah. Selain donor darah, kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian bakti sosial dan kemanusiaan yang dilakukan oleh Polda Papua. Ini mencakup kegiatan penanaman pohon dan pembagian bantuan sembako kepada masyarakat di wilayah Papua.


“Target kami dalam kegiatan donor darah ini adalah mendapatkan 100 kantong darah, yang nantinya akan disumbangkan kepada PMI wilayah Jayapura untuk membantu warga yang membutuhkan,” ucap Kombes Wayan.


AKBP Penri Petrison juga memberikan informasi tentang target peserta dan mengingatkan bahwa satu kantong darah dapat menyelamatkan satu nyawa. 


Ia menjelaskan bahwa sebanyak 200 personil Polda Papua berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan harapan bisa mencapai target 100 kantong darah yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.  “Kegiatan kemanusiaan ini diinisiasi oleh pimpinan Polda Papua dan bertujuan membantu masyarakat dengan menyediakan stok darah bagi PMI,” ucapnya.


Selain itu, Dr. Rustan Saru, M.M Ketua PMI Kota Jayapura, memberikan apresiasi atas kegiatan kemanusiaan ini.


Ia mengakui kerjasama yang baik antara PMI dan Polda Papua dalam upaya penyediaan darah bagi warga yang membutuhkannya. Dr. Rustan Saru juga menyampaikan kebutuhan harian akan darah yang mencapai 50 kantong darah, dan menekankan pentingnya kerjasama dengan semua pihak dalam menjaga stok darah yang cukup.


“Kegiatan donor darah ini bukan hanya suatu tindakan kemanusiaan yang mulia, tetapi juga mencerminkan kerjasama antara institusi kepolisian dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan darah di wilayah Jayapura. Semoga langkah-langkah ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi seluruh komunitas di kota Jayapura,” tuturnya.

TerPopuler