Kapolres Lanny Jaya Hadiri Sosialisasi Dipa dan Penyerahan Dokumen RKA-K/L Satker Jajaran Polda Papua

Kapolres Lanny Jaya Hadiri Sosialisasi Dipa dan Penyerahan Dokumen RKA-K/L Satker Jajaran Polda Papua

18/01/24, Januari 18, 2024

  


Jayapura - Bertempat di Aula Lantai Dua Hotel Horison Ultima Entrop Jalan Kelapa Dua Entrop Distrik Jayapura Selatan, Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay, S.IK menghadiri Sosialisasi Dipa, Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan Dokumen RKA-K/L Satker Jajaran Polda Papua T. A 2024, Kamis (18/1/24). 


Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol. Petrus Patrige R. Renwarin, SH., M.Si yang diihadiri oleh Para PJU Polda Papua beserta Para Kapolres/ta Jajaran Polda Papua. 


Kegiatan diawali dengan Sosialisasi Dipa yang dibawakan oleh Karo Rena Polda Papua Kombes Pol. Ary Wahyu Widijananto, S.IK dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas Dokumen RKA-K/L satker Jajaran Polda Papua. 


Dalam kesempatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol. Patrige R. Renwarin, SH., M.Si mengatakan bahwa kegiatan hari merupakan penyerahan dokumen daftar isian pelaksanaan anggaran (Dipa) dan Rencana kerja dan Anggaran (RKA) kepada 55 satuan kerja di jajaran Polda Papua. 


"Dengan diterimanya dokumen tersebut, maka satker di tingkat Polda dan Polres dapat memproses pelaksanaan anggaran guna membiayai kegiatan yang telah disusun dalam rencana kerja satker sehingga dapat menghasilkan output kinerja sesuai target yang telah ditetapkan pada tahun 2024," ucapnya. 


Lebih lanjut lagi katanya, dokumen dipa dan rka merupaka penetapan alokasi anggaran untuk membiayai kegiatan kepolisian yang diamanatkan oleh rakyat dengan mempercayakan kepada kita untuk dikelola dengan penuh tanggung jawab dalam kerangka pelayanan kita kepada masyarakat. 


"Pagu alokasi anggaran telah dijabarkan kedalam lima program dan 51 kegiatan, jika kita cermati program-program tersebut merupakan cerminan dari fungsi-fungsi utama kepolisian maupun fungsi penyelenggaraan kegiatan perkantoran yang mendukung fungsi utama kepolisian yang telah diselaraskan dengan 16 program prioritas Kapolri, "jelasnya.


" Diharapkan kepada para Kasatker segera sosialisasikan dipa dan rka dilingkungan satker masing-masing, susun pola rencana penarikan dana (rpd) dari awal tahun secara sistematis sebagai dasar dalam pelaksanaan dan pengawasan realisasi penyerapan anggaran kegiatan dan realisasi anggaran pada akhir tahun serta melakukan penyesuaian apabila terjadi perubahan kalender kegiatan, "harap Wakapolda. 


Ia pun menambahkan penuhi dukungan anggaran yang merupakan hak kesejahteraan personil berupa gaji dan tunjangan yang semestinya diterima tepat waktu, dan anggaran yang diterima oleh ujung tombak pelayanan masyarakat yakni dukungan anggaran yang dialokasikan untuk polsek dan polsubsektor. (*) 



Penulis  : HMSLanny

TerPopuler