Kodim 0904/Paser Dukung Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Menyambut HPN 2024

Kodim 0904/Paser Dukung Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Menyambut HPN 2024

03/02/24, Februari 03, 2024

  


Kodim 0904/Paser Korem 091/ASN Kodam VI/Mlw, Kecamatan Tanah Grogot. Sebanyak 33 siswa dan guru pendamping dari SMA/SMK sederajat mengikuti pelatihan jurnalistik dalam rangka menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Paser.


Pelatihan dibuka Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Kabupaten Paser, Abdul Kadir Sambolangi mewakili Bupati Paser, dr Fahmi Fadli dan dihadiri Polres Paser, Kejari Paser, Kodim 0904/Paser, beserta perwakilan perusahaan di Kyriad Sadurengas Hotel, Sabtu (3/2/2024).


Dirinya menuturkan profesi wartawan selalu menjadi hal yang istimewa karena memiliki peran dalam memberikan pencerahan, membuka mata dunia, memperpendek jarak, ruang dan waktu serta membuat segalanya menjadi mudah.


Menurutnya, pelatihan jurnalistik dimaksudkan untuk mencetak SDM yang berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045. Bagaimana mempersiapkan generasi untuk menjadi pemain, dan bukan penonton, di Ibu Kota Nusantara (IKN).


Ketua Panitia Pelaksana HPN ke-XXIX PWI Paser, Dwi Cahyo Margo Utomo mengaku bersyukur pelatihan jurnalistik dalam menyongsong HPN 2024 ini berjalan lancar.


Ia mengharapkan materi yang disampaikan mengenai dunia pers dapat diserap ilmunya oleh para peserta. "Mudah-mudahan materi-materi yang sampaikan ilmunya dapat dimanfaatkan," ucapnya. 


"Alhamdulillah banyak peserta yang mendaftar dari sekolah yang ada di Kabupaten Paser. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus terlaksana secara kontinyu," harap Dwi.


Adapun materi yang dipaparkan dalam pelatihan jurnalistik mencakup kode etik jurnalistik, pemahaman pers di era society 5.0, perbedaan media massa, sosial media, berita dan opini, kemudian antisipasi berita hoax dan bijak menggunakan sosmed.


Untuk diketahui, pada HPN 2024 ini PWI Kabupaten Paser juga akan menggelar donor darah pada Minggu (4/1/2024) di Desa Tapis, serta turnamen e-Sport selama tiga hari, dimulai 7 sampai 9 Februari.


Dim 0904/Psr

TerPopuler