KKL Pascasarjana Unhan RI di Lokasi TMMD, 5.000 Pohon Ditanam dan Ratusan Bibit Ikan Disebar

KKL Pascasarjana Unhan RI di Lokasi TMMD, 5.000 Pohon Ditanam dan Ratusan Bibit Ikan Disebar

29/05/24, Mei 29, 2024


Bogor - Direktur Pascasarjana Program Doktor Universitas Pertahanan RI, Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.Han., bersama Mahasiswa Cohort 6 mengecek Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (28/5/2024).


Pengecekan dilakukan bersama Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) yang diketuai Paban VI/Wanwil Sterad Kolonel Inf Iwan Budiarso, S.Sos. Selain pengecekan Wasev, kunjungan tersebut juga dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bidang ketahanan pangan Mahasiswa Unhan RI dan Universitas Esa Unggul.


Dalam keterangannya, Mayjen TNI Dr. H. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.Han., menyampaikan bahwa Program TMMD yang dilaksanakan seperti ini pada dasarnya harus digunakan sebagai sarana membangun kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat.


"Ini hanya sarana saja, dengan adanya pembangunan TMMD seperti ini, kalau sudah ada kebersamaan semua pasti bisa dikerjakan untuk membangun wilayah secara berkesinambungan. TNI dan Polri pun juga harus selalu terdepan dan dekat dengan masyarakat," ungkapnya.


Sebagai wujud pengabdian masyarakat, para Mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut juga memberikan sosialisasi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat sekitar. Dalam sosialisasi ini, mahasiswa memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.


Dilaksanakan juga kegiatan penanaman 5.000 pohon yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim. Sementara penebaran benih ikan di danau dilakukan juga untuk meningkatkan sumber daya ikan bagi masyarakat serta mendukung keberlanjutan ekosistem perairan.


Selain itu, Mahasiswa Unhan dan Universitas Esa Unggul juga melaksanakan program pengentasan stunting dengan memberikan penyuluhan dan bantuan gizi kepada keluarga-keluarga yang memiliki anak balita untuk mencegah hambatan perkembangan fisik dan mental.


Kegiatan ini menggambarkan komitmen Mahasiswa Unhan dan Universitas Esa Unggul dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, dengan harapan tercipta lingkungan yang lebih sehat, sejahtera, dan berdaya tahan tinggi melalui kolaborasi antara Mahasiswa, TNI dan masyarakat Sukamakmur. (*)

TerPopuler