Dukung Pemerintah Dalam Ketahanan Pangan Personel Kodim 1009/Tanah Laut Hadiri Panen Raya Padi Di Desa Mekar Sari

Dukung Pemerintah Dalam Ketahanan Pangan Personel Kodim 1009/Tanah Laut Hadiri Panen Raya Padi Di Desa Mekar Sari

05/06/24, Juni 05, 2024


Tanah Laut - Guna mendukung ketahanan pangan Nasional, Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) terus memotivasi dan mendorong para petani agar tidak mengenal lelah melaksanakan gerakan menanam. Hal tampak saat menghadiri panen raya padi di areal persawahan milik Kelompok Tani Bunga Padi, di Desa Mekar Sari, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut, Rabu (05/06/2024).


Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., yang diwakili oleh Serma Maksum Bati Tuud Koramil 1009-06/Kintap turut hadir dalam kegiatan tersebut dan mengatakan bahwa panen raya tersebut merupakan hasil dari kerja keras para petani, yang perlu adanya perhatian sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan nasional.


Kehadiran Kodim 1009/Tla dalam kegiatan panen raya ini lanjutnya, merupakan bentuk dukungan dari Kodim 1009/Tla dan kerja nyata TNI dalam mendukung Pemerintah Daerah dalam menciptakan ketahanan pangan dengan mengoptimalisasikan lahan tidur yang ada di wilayah.


"Selain panen raya, juga dilaksanakan gerakan tanam padi guna meningkatkan produksi menjadi IP 200, serta dirangkaikan dengan temu lapang bidang tanaman pangan yang keseluruhannya diprakarsai oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbu) Kab. Tanah Laut, guna memberikan kesempatan kepada para petani untuk menyampaikan berbagai usulan dan permasalahan yang tengah dihadapi," terang Dandim melalui Bati Tuud Koramil 1009-06/Kintap yang turut serta hadir dalam kegiatan tersebut.


Masih ditempat kegiatan yang sama, Pj. Bupati Tala Ir. H. Syamsir Rahman, M.S., Seusai pelaksanaan temu lapang, menyampaikan bahwa apa-apa yang menjadi kebutuhan petani akan diakomodasi melalui Distanhorbun baik tingkat Provinsi maupun Distanhorbun Kab. Tala, dimulai dari penyediaan benih unggul, mesin traktor, sampai dengan alat bantu panen (Komben) yang saat ini sangat dibutuhkan untuk membantu mempercepat proses panen.


"Kami selaku pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian padi baik dalam segi bantuan peralatan, penyediaan pupuk, maupun bibit padi unggul," terangnya. (Pendim 1009/Tla)

TerPopuler