Korem 092/Mrl Gelar Apel Gelar Pembukaan Latihan Penangulangan Bencana Alam Ta 2022 - Paskotanews

Paskotanews

Politik, Hukum,Kriminalitas, Opini, Tips, Kesehatan, Religi, Budaya Dan Peristiwa

Breaking

Post Top Ad

21/11/22

Korem 092/Mrl Gelar Apel Gelar Pembukaan Latihan Penangulangan Bencana Alam Ta 2022

 


Tanjung Selor, Korem 092/Mrl melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pembukaan Latihan Penangulangan Bencana Alam Ta 2022 bertempat di Lapangan Agatis Jalan Agatis Kec Tanjung Selor Kab Bulungan Prov Kaltara, Senin (21/11/2022).


Hadir dalam kegiatan antara lain Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Ari Estefanus, S. Sos., M.Sc., Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya,S.H., S.I.K., M.Si, Sekretaris Daerah Prov. Kaltara Dr. H. Suriansyah, M.AP, Para Kasi Korem, Para Dandim Jajaran Korem, Forkopimda Prov Kaltara.


Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Ari Estefanus, S. Sos., M.Sc. mengatakan saat ini beberapa wilayah Indonesia termasuk di wilayah Kaltara memasuki musim dengan curah hujan cukup tinggi dan diikuti kondisi cuaca yang sulit diprediksi, bahkan dengan mudah dapat berubah-ubah secara ekstrim.


Lalu wilayah Kaltara yang di prediksi memasuki musim kemarau, akan terjadi bahaya kebakaran hutan dan lahan yang sangat berpotensi menimbulkan bencana alam.


Kondisi yang demikian, menuntut kita semua untuk senantiasa siap siaga dan melakukan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir kerugian, baik personil maupun materiil.


Dia menjelaskan kegiatan dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi dan mengevaluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat di wilayah Provinsi Kaltara baik dari unsur TNI, Polri, pemerintah daerah maupun masyarakat dalam menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi, baik dari aspek personel, peralatan maupun perlengkapan serta dukungan lainnya, disertai cara bertindak yang tepat.


Sehingga tidak ada keraguan di dalam pelaksanaan tugas, yang dapat meminimalkan dampak bencana baik korban jiwa maupun materiil.


Upaya pengurangan resiko bencana harus dilakukan secara terencana, terpadu dan berkesinambungan. Sehingga membutuhkan kerja yang maksimal dan terarah.


Melihat bencana yang terjadi dan dampak yang diakibatkannya, maka diperlukan upaya yang serius dari semua pihak untuk melakukan langkah-langkah kongkrit dalam melindungi masyarakat apabila terjadi kondisi yang darurat.


Langkah kongkrit yang harus dilakukan dalam mengurangi resiko bencana adalah kesiapsiagaan seluruh aparat bersama-sama dengan masyarakat, dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.


Lanjutnya, untuk mengurangi terjadinya korban jiwa akibat bencana alam, seluruh komponen bangsa perlu melakukan berbagai upaya yang ditujukan untuk mencari solusi guna mencegah terjadinya bencana alam.


Salah satu upayanya dengan peningkatan kualitas lingkungan di sekitar kita dan menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di daerah aliran sungai.


Begitu juga masyarakat yang berdomisili di daerah rawan longsor dan daerah rawan kebakaran hutan dan lahan agar lebih aktif dalam memelihara dan menjaga kondisi di sekitarnya agar tetap terjaga keasrian dan berfungsi secara optimal.


Kepekaan dan kepedulian terhadap masalah lingkungan ini penting untuk terus menerus ditingkatkan. Serta disosialisasikan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya untuk menghadapi dan menanggulangi kemungkinan ancaman bencana alam yang terjadi.


Kata dia, peningkatan kepekaan dan kepedulian kepada masyarakat selain dimaksudkan untuk memerankan masyarakat sebagai bagian dari sistem peringatan dini terhadap kemungkinan timbulnya bencana alam.


Juga dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap berbagai permasalahan apapun yang terjadi diwilayahnya.


Sesuai amanat Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 yang berisi tentang tugas Pokok TNI adalah melaksanakan OMP dan OMSP, sebagai konsekuensi dari karakteristik tugas Korem 092/Maharajalila, dia menjelaskan sudah sepatutnya mencermati tugas pokok tersebut dengan porsi yang sama pentingnya.


Tugas selain perang yang diaplikasikan dalam berbagai operasi bakti yang selama ini dilaksanakan, senantiasa kita arahkan sedekat mungkin untuk membantu pemda dalam penggulangan bencana alam dan mengatasi kesulitan rakyat yang ada diwilayah Provinsi Kaltara.


Ari menambahkan, bencana alam sampai saat ini masih menjadi persoalan nasional, yang kebanyakan smembawa dampak kerugian baik materil, moril bahkan jiwa.


Dalam menghadapi situasinya, pihaknya berharap agar dapat memainkan peran dengan sebaik-baiknya secara terpadu dalam penanganan bencana alam tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages