Tim Kesehatan Rasaka Cartenz Tangani Dua Anak Penderita Stunting di Kota Jayapura

Tim Kesehatan Rasaka Cartenz Tangani Dua Anak Penderita Stunting di Kota Jayapura

16/08/23, Agustus 16, 2023

 


Jayapura – Polri tak hanya melaksanakan tugas menjaga keamanan dan ketertiban di Papua. Polri juga  menggelar program pelayanan kesehatan gratis yakni Keladi Sagu yang dijalankan Satgas Rasaka Cartenz 2023 Polda Papua. 


Kali ini kegiatan Keladi Sagu dilaksanakan di daerah APO , Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/08/2023). Tim kesehatan Polri yang terdiri dari Kasi Dokkes Polresta Jayapura Kota AKP Z. Ashari Amk, S.H, yang didampingi Briptu Aan Krisanto, A.md.Kep dan Penda TK I dr. Fitria Nurul Budiati, turun langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.


AKP Z. Ashari menuturkan, kegiatan Keladi Sagu di daerah APO Jayapura bertujuan membantu masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan, termasuk penyakit kulit, ISPA, dan stunting. Dalam kegiatan ini, tim kesehatan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan kepada masyarakat setempat yang sakit. 


Pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan dari tim Keladi Sagu adalah 2 anak yang menderita stunting.


Tim Keladi Sagu Polri tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, tetapi juga memberikan penjelasan mengenai beberapa kondisi kesehatan yang sering dialami oleh mereka. Salah satunya adalah stunting sebuah istilah medis yang berarti gizi kronis.


Stunting yang dialami oleh masyarakat di daerah tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah malnutrisi dalam jangka waktu panjang akibat kurangnya asupan gizi sejak bayi dan masih dalam kandungan.


Azhari juga menjelaskan, kondisi tersebut dapat terjadi karena sejumlah faktor, termasuk tidak mendapatkan ASI eksklusif,atau mengalami penyakit jantung bawaan.


“Dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, kami tidak hanya memberikan pengobatan, tetapi juga memberikan edukasi mengenai pencegahan Stunting dan pengelolaan asupan gizi. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat setempat dalam mengenali dan mengatasi keluhan kesehatan yang sering mereka alami,” paparnya.


Ia berharap, dengan adanya edukasi dari tim kesehatan Polri mengenai stunting maka diharapkan masyarakat dapat lebih memahami penyebab gizi kronis dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengurangi ketidaknyamanan yang mereka rasakan.


"Program Keladi Sagu Polri terus berupaya memberikan solusi kesehatan bagi masyarakat di Tanah Papua, tidak hanya dengan memberikan pengobatan, tetapi juga dengan memberikan pengetahuan yang bermanfaat,” tambahnya. 


Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz 2023, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan pelaksanaan Program Keladi Sagu menjadi kegiatan rutin yang terus ditingkatkan untuk memberikan manfaat positif bagi masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. 


“Kami berharap masyarakat rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Tujuannya agar bisa mengantisipasi gangguan kesehatan yang diderita masyarakat sejak dini,” tutur Kasatgas Humas.


Ia menuturkan, Keladi Sagu merupakan salah satu upaya dari Satgas Rasaka Polda Papua untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di bidang kesehatan. Berdasarkan data BPS tahun 2022, Kota Jayapura memiliki IPM yang tinggi, dengan nilai mencapai 80,61.


Kasatgas berharap bahwa inisiatif seperti Keladi Sagu dan upaya lainnya dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mendorong gaya hidup sehat. Semua ini, menurutnya, adalah bentuk nyata komitmen kepolisian dalam memberikan layanan terbaik serta mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah ini.



Jayapura, 16 Agustus 2023


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

TerPopuler