Pendampingan Posyandu Lansia oleh Babinsa dan Kader PKK, Upaya Meningkatkan Kesehatan Lansia di Desa Bunyu Barat

Pendampingan Posyandu Lansia oleh Babinsa dan Kader PKK, Upaya Meningkatkan Kesehatan Lansia di Desa Bunyu Barat

25/09/23, September 25, 2023

  


Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-3/Bunyu Babinsa Bunyu Barat Sertu Agus Supriyadi bersama kader PKK melaksanakan pendampingan posyandu Lansia bertempat di posyandu Teratai RT 14 Desa Bunyu Barat, Kec Bunyu, Senin (25/9/2023).


Kesehatan adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama bagi para lansia. Di Indonesia, penduduk lansia semakin bertambah dari tahun ke tahun, sehingga perlu adanya perhatian khusus terhadap kesehatan mereka. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan lansia adalah melalui Posyandu Lansia, yang merupakan program pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada lansia di tingkat desa.


Sertu Agus Supriyadi mengatakan salah satu peran utama Babinsa dalam pendampingan Posyandu Lansia adalah memberikan pendampingan teknis dan logistik. Mereka membantu dalam pengorganisasian acara Posyandu, memastikan kehadiran lansia yang menjadi sasaran program, serta menyediakan bantuan logistik seperti alat kesehatan dan obat-obatan. Babinsa juga berperan dalam memfasilitasi kerjasama antara Posyandu Lansia dengan berbagai pihak terkait, termasuk puskesmas setempat.


Sementara itu, kader PKK berperan aktif dalam menyebarkan informasi tentang kegiatan Posyandu Lansia kepada masyarakat setempat. Mereka membantu dalam sosialisasi program, mengajak lansia untuk datang ke Posyandu, dan memberikan pendampingan sosial kepada lansia yang membutuhkan. Kader PKK juga membantu dalam pengelolaan administrasi dan dokumentasi kegiatan Posyandu.


Kerjasama antara Babinsa dan kader PKK dalam pendampingan Posyandu Lansia memiliki dampak positif yang signifikan bagi kesehatan lansia di desa. Dengan adanya bantuan teknis dan logistik dari Babinsa, serta peran aktif kader PKK dalam sosialisasi dan pendampingan sosial, jumlah lansia yang mengikuti program Posyandu meningkat secara signifikan. Hal ini berarti lebih banyak lansia yang mendapatkan pelayanan kesehatan yang mereka butuhkan.


Selain itu, pendampingan Posyandu Lansia oleh Babinsa dan kader PKK juga menciptakan sinergi antara berbagai unsur dalam masyarakat desa. Kerjasama ini menjadi contoh bagaimana pemerintah, TNI, dan masyarakat lokal dapat bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya para lansia.


Pendampingan Posyandu Lansia oleh Babinsa bersama kader PKK adalah salah satu contoh konkret dari upaya meningkatkan kesehatan lansia di desa. Kerjasama ini melibatkan berbagai pihak dan telah terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi lansia dalam program kesehatan. Dengan terus memperkuat kerjasama ini, diharapkan kesehatan lansia di desa-desa Indonesia dapat terus meningkat, sehingga mereka dapat menikmati masa tua yang lebih sehat dan bermakna.

TerPopuler