Tim Kesehatan Polri Berjuang Obati Penderita Sakit di Pedalaman Papua Tengah

Tim Kesehatan Polri Berjuang Obati Penderita Sakit di Pedalaman Papua Tengah

17/09/23, September 17, 2023

 


Jayapura - Tim kesehatan Polri berperan aktif dalam Operasi Rasaka Cartenz 2023 Polda Papua melalui program Keladi Sagu. Mereka berjuang memberikan layanan kesehatan gratis di daerah di daerah terpencil. 


Hal inilah yang memacu Bripda Muhammad Satrio Adi, A.md.Kep, kembali bergerak dalam menjalankan Program Keladi Sagu di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Minggu (17/9/2023).


Program Keladi Sagu ini adalah salah satu upaya terobosan yang dilakukan oleh Polri untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang seringkali terpinggirkan dan kesulitan dalam mencari perawatan medis.


Tim kesehatan Polri memulai kunjungannya dengan melangkah dari rumah ke rumah warga, memberikan layanan kesehatan yang tak kenal biaya. Fokus pelayanan kali ini adalah pada penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), serta masalah pertumbuhan anak (stunting).


Dalam kunjungannya, tim kesehatan Polri memberikan perhatian khusus kepada tiga warga yang membutuhkan bantuan medis. Emina Alom (35) yang mengalami nyeri otot, Temira Alom (11) dengan peradangan gusi, dan Amira Mom (11) yang mengalami panas tinggi, menerima perawatan dengan penuh kepedulian dari Bripda Satrio.


"Selain memberikan pengobatan, kami juga memberikan nasihat kepada mereka berinteraksi yang cukup dan menjauhi aktivitas berat demi menjaga kesehatan mereka," ujar Bripda Satrio.


Sementara itu, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, selaku Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz, menjelaskan bahwa Program Keladi Sagu adalah langkah nyata Polri dalam mendukung upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


Dengan merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir tahun 2022, Kabupaten Puncak masih memiliki angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tergolong rendah, di bawah 60.


"Penerapan Program Keladi Sagu ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah ini dan membantu memajukan kualitas hidup mereka," jelasnya.


Operasi Rasaka Cartenz tidak hanya menjadi simbol keamanan, tetapi juga harapan bagi masyarakat di daerah terpencil yang sebelumnya terbatas dalam mengakses pelayanan kesehatan. Dengan semangat positif dan komitmen, Polri terus berupaya menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, termasuk di bidang Kesehatan.

TerPopuler