Cegah Terjadinya Penyimpangan, Tim Itjenad Laksanakan Wasrik Current Audit di Kodam IX/Udayana

Cegah Terjadinya Penyimpangan, Tim Itjenad Laksanakan Wasrik Current Audit di Kodam IX/Udayana

09/10/23, Oktober 09, 2023

  


Denpasar – Kegiatan Pengawasan Current Audit Itjenad di satuan jajaran Kodam IX/Udayana memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi, sebab kegiatan pengawasan merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen yaitu fungsi kontrol sekaligus sebagai alat kendali terhadap penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi. Di samping itu, pengawasan ini dilaksanakan untuk mengendalikan kegiatan dan penggunaan anggaran sesuai program yang telah ditetapkan guna mencegah terjadinya penyimpangan sehingga dapat terwujud satuan yang lebih maju serta profesional.


Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto, S.I.P., saat membuka taklimat awal Current Audit Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) TA. 2023 di satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang dipimpin oleh Irben Itjenad Brigjen TNI Kokom, S.E., pada Senin (9/10/2023) bertempat di Ruang Rupatama Syafiudin Makodam IX/Udayana, Denpasar


Dalam kesempatan tersebut Pangdam mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim beserta rombongan Current Audit Itjenad serta berharap bahwa kegiatan Pengawasan Current Audit di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana dapat berjalan dengan tertib dan aman.


Lebih lanjut Pangdam mengatakan, peranan Wasrik menjadi sangat penting untuk mencegah terjadinya penyimpangan penggunaan anggaran, maka kegiatan ini dititikberatkan pada pemeriksaan yang bersifat mengutamakan konsultasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi pada Program Kerja yang sedang dilaksanakan, sehingga nantinya bisa mendapatkan solusi penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


“Saya perintahkan kepada para Dansat agar mendukung kegiatan ini dengan memberikan keterangan maupun data yang diperlukan oleh Tim, sehingga dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. Mari kita ciptakan suasana kerja harmonis, terbuka dan saling percaya, serta adakan komunikasi timbal balik yang baik karena kita sama-sama mempunyai tanggung jawab terhadap TNI Angkatan Darat sesuai bidang tugas masing-masing”, tegas Pangdam dalam sambutannya


Kepada Tim Wasrik, Pangdam menyampaikan jika mendapatkan temuan yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja dan anggaran, untuk  dapat memberikan arahan dan bimbingan sehingga diperoleh solusi yang tepat untuk memperbaiki temuan tersebut. 


Sebelum mengakhiri sambutan Pangdam menekankan kepada para pejabat di jajaran Kodam IX/Udayana, agar memanfaatkan kegiatan Pengawasan Current Audit Itjenad ini sebaik-baiknya, dengan harapan pencapaian hasil program kerja untuk satu tahun anggaran yang sedang berjalan dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna. Kemudian, kepada Tim Pengawas Pangdam mengucapkan selamat bertugas.


Sementara itu, Irjenad dalam Sambutan yang dibacakan oleh Irben Itjenad selaku Pengendali Brigjen TNI Kokom, S.E, mengucapkan banyak terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana beserta staf dan jajarannya atas terselenggaranya taklimat awal ini. Irjenad juga menjelaskan bahwa tugas pokok Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) adalah membantu Kasad dalam menyelenggarakan pengawasan umum dalam rangka mendukung tugas TNI AD.


Selanjutnya Irjenad menyampaikan, kegiatan pengawasan dilaksanakan dengan cara memberikan pendampingan sekaligus konsultasi atau pelaksanaan program kerja baik dari sisi pencapaian sasaran atau output dan administrasi serta data-data pendukung kegiatan yang relevan diharapkan dapat menjadi acuan dan pedoman satuan dalam meningkatkan kinerja serta ketertiban administrasi 


Acara yang berjalan dengan lancar dihadiri juga oleh Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Irops Itjenad, Irut-3 Binsiapsat Itops Itum Itjenad, Kasi Pers Korem 163/WSA, Para Asisten Kodam IX/Udayana (diwakili para Pabandya) dan Para Kabalak Kodam IX/Udayana (Pendam IX/Udy)

TerPopuler